7 Mata Uang Kuno yang Dipakai Berbagai Kerajaan di Nusantara

Kamis, 15 Desember 2022 - 19:53 WIB
loading...
A A A
Mata uang ini digunakan di Kerajaan Sumenep Madura yang berdiri pada 1730 M. Uang ini berbentuk lingkaran tidak sempurna dengan ukiran arab di bagian salah satu mukanya.

Kerajaan Sumenep diketahui mengedarkan mata uang yang berasal dari mata uang asing yang kemudian dicap bertulis Arab sebagai tanda pengesahan. Karena itu terkadang masih ada logo mata uang asing di uang ini.

6. Kasha

Pada dasarnya uang ini merupakan mata uang China yang lazim digunakan di daerah Banten, seperti wilayah pelabuhan di Jawa.

Karena itu ciri dari uang ini punya kemiripan dengan koin khas Tiongkok. Dengan bentuk lingkaran berlubang di bagian tengahnya.

7. Keueh

Dilansir dari kemdikbud.go.id, pelaut Inggris, John Davis yang bekerja di kapal Belanda yang berlabuh di Aceh pada 1599. Mengungkapkan bahwa di Aceh telah terdapat berbagai macam alat pembayaran.

Di antaranya keueh, mas, cowpan, pardaw, dan tayel. Mata uang tersebut digunakan oleh Kerajaan Samudra Pasai. Ciri Keueh ini berbentuk lingkaran dengan tulisan arab di tengahnya sama halnya seperti mata uang kerajaan Islam lainnya.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1187 seconds (0.1#10.140)