7 Mata Uang Kuno yang Dipakai Berbagai Kerajaan di Nusantara

Kamis, 15 Desember 2022 - 19:53 WIB
loading...
A A A
Uang Kampua atau Bida menjadi satu-satunya jenis uang terbuat dari kain tenun yang beredar di Indonesia antara tahun 1622 – tahun 1870. Mata uang ini pertama kali diperkenalkan oleh Bulawambona yaitu Ratu kerajaan Buton ke-2 yang memerintah sekitar abad 14.

Uang Kampua atau Bida memegang peranan penting sebagai alat pembayaran pada waktu itu. Hal ini terbukti dengan tersebarnya uang Kampua sampai ke luar Buton yaitu sampai ke Sulawesi Selatan dan Maluku sampai akhir abad ke 19.

3. Ma

Mata uang ini digunakan di Kerajaan Mataram Kuno. Kala itu mata uang ini sempat tidak berlaku, namun ketika Majapahit berkuasa mata uang Ma kembali dipergunakan.

Ciri dari mata uang ini adalah warnanya yang perak berbentuk lingkaran kurang sempurna dengan ukiran di salah satu bagiannya.

4. Jinggara

Jinggara digunakan sebagai mata uang Kerajaan Gowa yang berada di Sulawesi Selatan pada abad ke 17. Mata uang kuno ini terbuat dari timah sehingga warnanya kekuning kuningan.

Ciri lain dari Jinggara adalah terdapatnya tulisan arab di salah satu bagian mata uangnya. Hal tersebut juga membuktikan bahwa Kerajaan Gowa adalah kerajaan Islam.

Baca juga : 6 Uang Kuno Termahal di Dunia, Harganya bisa Bikin Kaya Mendadak!

5. Real Batu Sumenep
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)