7 Mata Uang Kuno yang Dipakai Berbagai Kerajaan di Nusantara

Kamis, 15 Desember 2022 - 19:53 WIB
loading...
7 Mata Uang Kuno yang Dipakai Berbagai Kerajaan di Nusantara
Terdapat sejumlah mata uang kuno yang dipakai berbagai kerajaan di nusantara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah mata uang kuno yang dipakai berbagai kerajaan di nusantara . Kerajaan Nusantara diketahui telah menggunakan sejumlah mata uang dalam proses transaksinya.

Dilansir dari bi.go.id, sebelum masa kerajaan Hindu-Buddha, perdagangan di Nusantara telah menuntut penggunaan alat pembayaran yang bisa diterima secara umum sebagai pengganti sistem barter.

Mulanya alat pembayaran ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti kulit, manik-manik, hingga batu. Barulah setelah masa masuknya agama Hindu Buddha di nusantara bahan pembuatan mata uang diganti dengan logam.

Baca juga : Heboh Uang Kuno Bergambar Presiden Soekarno, Warga Pematangsiantar Ini Memilikinya

Hal tersebut membuat beberapa kerajaan nusantara memiliki mata uangnya tersendiri. Sampai saat ini terdapat tujuh mata uang kuno yang telah diketahui.

Berikut tujuh yang dipakai beberapa kerajaan di Nusantara :

1. Gobog

Gobog merupakan mata uang yang digunakan oleh Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1300 an. Namun mata uang ini bukan dijadikan sebagai alat pembayaran melainkan untuk persembahan ketika beribadah.

Mata uang kuno ini memiliki ciri berwarna kekuning-kuningan dengan ukiran khas dan lubang segi empat di tengah. Desain tersebut terinspirasi dari mata uang Tiongkok.

2. Kampua
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)