10 Contoh Legenda Nusantara, dari Kisah Sangkuriang hingga Cerita Empat Raja Papua

Selasa, 03 September 2024 - 14:55 WIB
loading...
10 Contoh Legenda Nusantara,...
Legenda Danau Toba merupakan salah satu cerita rakyat yang dapat dijadikan dongeng untuk anak-anak atau sebagai pengetahuan tentang suatu daerah. Foto/KBRI Paris
A A A
LEGENDA nusantara ini dapat dijadikan dongeng untuk anak-anak atau sebagai pengetahuan tentang legenda rakyat di suatu daerah. Pada dasarnya legenda ini adalah jenis cerita rakyat yang bertujuan untuk mengajarkan budaya atau nilai sosial.

Legenda yang kerap berhubungan dengan peristiwa sejarah ini kebanyakan berkaitan dengan asal usul terjadinya kenampakan alam. Umumnya, setiap daerah di Indonesia memiliki cerita legenda masing-masing.



Meskipun kebanyakan contoh legenda nusantara ini dipercaya sebagai mitos, nilai sosial dan budaya yang ada di dalamnya tentu dapat dipetik atau dilestarikan.

10 Contoh Legenda Nusantara

1. Legenda Sangkuriang


Terdapat sepasang dewa dan dewi khayangan yang dihukum menjadi hewan dan menjalani masa hukumannya di bumi. Sang dewa menjelma menjadi anjing yang bernama Tumang, dan sang dewi menjadi babi hutan bernama Wayung Hyang.

Suatu ketika, Wayung Hyang yang merasa kepanasan melihat ada air yang tertampung di pohon keladi dan langsung meminumnya. Setelah meminum air tersebut, babi hutan Wayung Hyang pun mengandung dan melahirkan seorang anak perempuan.



Raja Sungging Perbangkara yang mengetahui hal ini membawa bayi tersebut dan membesarkannya di istana. Ia menamainya Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik. Para raja, pangeran, dan bangsawan semuanya saling berperang memperebutkan Dayang Sumbi. Melihat kejadian tersebut, Dayang Sumbi meminta izin ayahnya untuk mengasingkan diri.

Selama di pengasingan, Dayang Sumbi mengisi hari-harinya dengan menenun. Suatu hari saat sedang asyik menenun, peralatannya ada yang terjatuh. Karena malas mengambil, ia berjanji kepada dirinya sendiri bahwa siapapun yang mengambilkan peralatan itu akan ia nikahi jika seorang pria, dan akan dijadikan saudara jika seorang wanita.

Tidak lama kemudian, Tumang menghampirinya membawakan peralatan tersebut. Karena harus menepati janji, Dayang Sumbi pun menikahi Tumang. Dari pernikahannya, ia melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Sangkuriang.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)