4 Raja Sriwijaya yang Terkenal di Indonesia

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Dapunta Hyang meminta agar taman Sriksetra ditanami beberapa pohon berbeda yang buahnya dapat dimakan, seperti kelapa, pinang, sagu, enau, dan wuluh.

2. Sri Cudamani Warmadewa

Sri Cudamani Warmadewa merupakan seorang raja yang terkenal dengan kiprahnya dalam membangun beberapa candi untuk kerajaan Sriwijaya. Salah satu candi yang dibangun oleh Sri Cudamani Warmadewa adalah Candi Cheng Tien Wan Shou.

Selain itu Sri Cudamani Warmadewa terkenal dengan pengaruhnya ke berbagai wilayah di dunia seperti negara India. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya nama Sri Cudamani Warmadewa yang tertulis dalam Prasasti Leiden India.

Baca juga : Kisah Balaputradewa, Cucu Raja Jawa yang Penguasa Takhta Kerajaan Sriwijaya

3. Balaputradewa

Balaputradewa adalah raja yang telah berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya menuju puncak kejayaan. Balaputradewa memiliki sikap kepemimpinan yang jujur, peduli terhadap rakyatnya, peduli pada agamanya.

Sikap kepemimpinan tersebut diwariskan oleh kakeknya yakni seorang raja dari dinasti syailendra yang memiliki julukan Wirawairimathana atau penumpas musuh perwira.

Menurut prasasti Nalanda, Balaputradewa sebagai raja pada kerajaan sriwijaya karena telah mewarisi takhta Sriwijaya. Ditambah lagi dengan wangsa Syailendra yang menjadikan Balaputradewa memiliki wilayah kekuasaan yang luas dan terkenal.

4. Sanggrama Wijayattunggarwaman
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)