4 Raja Sriwijaya yang Terkenal di Indonesia

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:41 WIB
loading...
4 Raja Sriwijaya yang Terkenal di Indonesia
Terdapat sejumlah Raja Sriwijaya yang terkenal dalam sejarahnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Raja Sriwijaya yang terkenal dalam sejarahnya . Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan yang memiliki pengaruh cukup besar di bumi nusantara ini.

Melansir buku 'Pasti Bisa Sejarah Indonesia' terbitan Penerbit Duta, Kerajaan yang terletak di Muara Sungai Musi Sumatera ini berdiri pada abad ke 7 dan mengalami kemunduran pada abad ke 13.

Baca juga : 5 Prasasti Kutukan yang Berasal dari Kerajaan Sriwijaya

Selama 6 abad berjalannya sistem pemerintahan, kerajaan Sriwijaya beberapa kali mengalami puncak kejayaan ketika dipimpin oleh raja-raja yang tersohor dan terkenal karena pengaruhnya dalam memimpin kerajaan.

Berikut daftar Raja Sriwijaya yang terkenal.

1. Dapunta Hyang

Dapunta Hyang Sri Jayanasa adalah sosok pendiri Kerajaan Sriwijaya. Ada pendapat yang menegaskan bahwa Dapunta Hyang berasal dari Minanga Tamwan, namun ada juga yang mengatakan bahwa Dapunta Hyang berasal dari dinasti Syailendra.

Dengan adanya prasasti Kedukan Bukit membuktikan bahwa Dapunta Hyang dikisahkan berhasil memperluas wilayah kekuasaannya di Minangatamwan.

Selain itu, Dapunta Hyang juga berhasil menaklukkan beberapa wilayah serta menciptakan sebuah Desa (Wanua) dan kemudian dikembangkan menjadi pusat Sriwijaya Kadatuan di Palembang.

Pada prasasti Talang Tuwo telah disebutkan bahwa Dapunta Hyang pernah membangun sebuah taman bernama Taman Sriksetra. Prasasti ini ditulis dengan aksara Pallawa Melayu Kuno, dan prasasti ini mengisahkan sebuah taman Sriksetra yang dihiasi kolam dan kanal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)