Keren! Penyandang Disabilitas jadi Barista di Cafe Mapalus Manado

Kamis, 08 Desember 2022 - 16:11 WIB
loading...
Keren! Penyandang Disabilitas jadi Barista di Cafe Mapalus Manado
Penyandang disabilitas dengan penuh semangat, menjadi barista dan koki di Cafe Mapalus Manado. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Siapa bilang penyandang disabilitas tidak dapat bekerja secara profesional? Buktinya, di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), para penyandang disabilitas justru mampu bekerja profesional sebagai barista dan koki.

Baca juga: Keren! Tahun 2023, Ada 140 Anak Disabilitas Bekerja di Pemkot Surabaya

Para penyandang disabilitas tersebut, bekerja secara profesional di Cafe Mapalus Manado. Setidaknya ada 10 penyandang disabilitas, seperti tuna netra, dan tuna daksa yang bekerja di cafe tersebut.



Cafe ini merupakan bentukan Kementerian Sosial, melalui Sentra Tumou Tou Manado, yang membentuk Sentra Kreatif Atensi (SKA). Salah satu unit usaha dalam SKA tersebut, adalah Cafe Mapalus.

Baca juga: Sadis! Reza Fahlevi Bersetubuh dengan Wanita Penyanyi Kafe Sebelum Membunuh Korban

Kepala Sentra Tumou Tou Manado, Kamsiaty Rotty mengatakan, Cafe Mapalus ini dibentuk untuk memberdayakan para penyandang disabilitas, antara lain penyandang tuna daksa, tuna netra, serta para lansia.

"Jadi yang di sini pekerjanya adalah semua penyandang disabilitas, ada tuna daksa, dan ada juga tuna netra. Selain itu, kita juga memasarkan hasil kreatifitas para lansia seperti kue, maupun dabu-dabu di cafe ini," ujar Kamsiaty.

Hasil penjualan yang didapat dari Cafe Mapalus tersebut, kata Kamsiaty semuanya milik para penyandang disabilitas yang bekerja di cafe itu. "Mereka ini kami berdayakan, agar mereka mendapat hasil. Hasil yang didapat di sini, 100 persen buat mereka, bukan buat kantor atau siapa, tapi buat mereka penyandang disabilitas," tegasnya.

Baca juga: Viral! Pria di Tanjung Balai Terekam CCTV Tewas Ditikam saat Bonceng Istri
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2387 seconds (10.55#12.26)