Kesal Dana Desa Dipotong, Kades Nyaris Adu Jotos dengan Anggota DPRD

Rabu, 07 Desember 2022 - 19:39 WIB
loading...
Kesal Dana Desa Dipotong, Kades Nyaris Adu Jotos dengan Anggota DPRD
Sejumlah kades di Kabupaten Buton Tengah yang kesal dengan pemotongan dana desa nyaris adu jotos dengan anggota DPRD setempat saat gelar dengar pendapat di gedung dewan, Rabu (7/12/2022). Foto: iNewsTV/Andhy Eba
A A A
BUTON TENGAH - Sejumlah kepala desa ( kades ) di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan protes ke DPRD setempat karena kesal dana desa dipotong . Bahkan kades nyaris adu jotos dengan anggota dewan.

Keributan sempat terjadi saat rapat dengar pendapat antara anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah dengan sejumlah kepala desa yang tergabung dalam perkumpulan aparatur pemerintah desa seluruh Indonesia (Papdesi) Buton Tengah.

Kesal Dana Desa Dipotong, Kades Nyaris Adu Jotos dengan Anggota DPRD

Baca juga: Kronologi Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolsek Astana Anyar Bandung

Sejumlah kepala desa pun nyaris adu jotos dengan anggota DPRD Buton Tengah karena emosi dan tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut.



Para kepala desa ini protes karena terjadi pengurangan anggaran dana desa (ADD) sebesar Rp7 Miliar untuk semua desa yang ditetapkan oleh DPRD Buton Tengah saat rapat penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Para kepala desa menggangap pemotongan anggaran dana desa ini terlalu besar. “Padahal anggaran ini bisa digunakan untuk membayar honor perangkat masjid, tokoh agama, tokoh adat dan beberapa keperluan desa lainnya,” kata Ketua Papdesi Buton Tengah, Muh Zariun.

Baca juga: Baru Bebas Penjara, Mantan Kades di Batang Kembali Ditangkap Kejaksaan

Sebelum mendatangi kantor DPRD Kabupaten Buton Tengah, sejumlah kepala desa memboikot kegiatan reses yang dilakukan oleh anggota DPRD di daerah pemilihan mereka.

Boikot ini dilakukan sebagai salah satu bentuk protes yang dilakukan oleh kepala desa. Karena tidak ada penjelasan dari pihak terkait baik Pemerintah Kabupaten Buton Tengah maupun DPRD Buton Tengah.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4604 seconds (11.210#12.26)