Tingkatkan Kesiapsiagaan Pengamanan Pelabuhan, Pupuk Kaltim dan JVC Gelar Joint Exercise ISPS Code

Minggu, 04 Desember 2022 - 21:09 WIB
loading...
A A A
Begitu pula dengan joint exercise ISPS Code kali ini, ditujukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personel yang difokuskan lima aspek. Di antaranya pengujian efektivitas Port Facility Security Plan, prosedur komunikasi, peningkatan keterampilan dan pengetahuan seluruh pemangku kepentingan ISPS Code, pengujian respon perubahan tingkat keamanan (security level), serta pengujian terhadap prosedur hingga tim dan peralatan penanggulangan pencemaran Tier 1.

"Melalui kegiatan ini, Pupuk Kaltim bersama seluruh JVC berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan profesionalitas, terutama dalam pengelolaan Port Facility Security Plan," ujar Heri.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai kaidah manajemen keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, yang tertuang dalam Amandemen Safety of Life At Sea (SOLAS) 1974, tentang peningkatan keamanan pelayaran. Serta Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 33 Tahun 2003, tentang pemberlakuan amandemen SOLAS 74 di Indonesia.

Dari joint exercise ISPS Code ini diharap keamanan seluruh kapal yang mengangkut hasil produksi, bahan baku, dan penunjang produksi Pupuk Kaltim serta JVC dapat lebih terjamin. Terutama kapal dengan bendera asing yang masuk dan keluar terminal khusus. Pupuk Kaltim bersama JVC tidak mengabaikan kemungkinan risiko bahaya yang bisa saja terjadi terhadap kapal masuk dan keluar terminal khusus.

"Maka dari itu latihan gabungan kami gelar, dengan pendekatan manajemen risiko untuk menjamin keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan," tandas Heri.

Mewakili KSOP Kelas II Bontang Roniwan Seru, mengapresiasi upaya Pupuk Kaltim bersama JVC untuk meningkatkan keamanan pelayanan pelabuhan bagi kapal yang sandar. Hal ini pun sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 134 tahun 2016, tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan.

Baca: Buka Seperti Biasa, Wisata Gunung Bromo Tidak Terdampak Erupsi Semeru.

Dirinya berharap dengan exercise ISPS Code ini, keamanan kapal yang bersandar di pelabuhan Pupuk Kaltim dan JVC dapat terus ditingkatkan sesuai security plan, sehingga mampu mengantisipasi seluruh potensi yang bisa mengganggu aktivitas dan operasional pelabuhan.

"Begitu pula dengan koordinasi bersama pihak terkait lainnya dalam menyikapi suatu kondisi di pelabuhan, dapat terus ditingkatkan, agar seluruh gangguan maupun potensi lainnya bisa diantisipasi dengan baik," ucap Roniwan.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)