Buka Seperti Biasa, Wisata Gunung Bromo Tidak Terdampak Erupsi Semeru

Minggu, 04 Desember 2022 - 17:46 WIB
loading...
Buka Seperti Biasa, Wisata Gunung Bromo Tidak Terdampak Erupsi Semeru
Aktivitas wisata di Gunung Bromo belum terdampak erupsi Gunung Semeru. Meskipun secara lokasi Gunung Bromo berada satu kawasan di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). SINDOnews/Avirista
A A A
MALANG - Aktivitas wisata di Gunung Bromo belum terdampak erupsi Gunung Semeru . Meskipun secara lokasi Gunung Bromo berada satu kawasan di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar TNBTS Sarif Hidayat memastikan, saat ini tdak ada dampak terhadap sektor pariwisata di Gunung Bromo akibat erupsi Gunung Semeru tersebut. Bahkan Wisata Gunung Bromo masih buka sebagaimana biasanya.

"Sementara tidak ada dampaknya. Karena arah awan panas guguran seperti tahun kemarin mengarah ke tenggara," ujar Sarif, dikonfirmasi MPI, pada Minggu siang (4/12/2022).

Meski tak berdampak, pihaknya meminta para wisatawan yang ada di kawasan tersebut untuk tetap waspada. Ia meminta semua wisatawan di kawasan Gunung Bromo wajib mengikuti arahan para petugas lapangan Balai Besar TNBTS.

Baca: Semeru Meletus Muntahkan Awan Panas, 1.979 Jiwa Mengungsi.

Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan dinamika aktivitas Semeru dari sejumlah resort terdekat.

"Terkait dinamika Gunung Semeru, memang untuk kawasan Bromo tidak terdampak langsung. Namun demikian, ini adalah kejadian alam yang tidak bisa diprediksi, sehingga wisatawan harus tetap waspada," tukasnya.

Baca Juga: Wabup Lumajang Minta Aktivitas Penambangan Pasir Disetop untuk Evakuasi Korban Erupsi Semeru.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Gunung Semeru menunjukkan aktivitas yang meningkat sejak Minggu dini hari. Puncaknya pada Minggu pagi awan panas guguran meluncur hingga radius 7 kilometer.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2824 seconds (11.252#12.26)