Banjir Rob Setinggi 50 Cm Terjang Pelabuhan Tanjung Emas, Listrik Padam

Jum'at, 02 Desember 2022 - 15:34 WIB
loading...
Banjir Rob Setinggi 50 Cm Terjang Pelabuhan Tanjung Emas, Listrik Padam
Banjir rob Pelabuhan Tanjung Emas. Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Banjir rob terjang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Banjir diperparah dengan guyuran hujan deras, hingga membuat ketinggian air mencapai 50 centimeter.

Tingginya air membuat aktivitas pelabuhan terganggu. Untuk masuk ke kawasan pelabuhan, para pekerja terpaksa diangkut dengan menggunakan truk. Sedang motor mereka di parkir depan gerbang.

Sejumlah pabrik di dalam pelabuhan juga terpaksa ditutup, karena listrik padam. Para buruh akhirnya dipulangkan.

Baca juga: Eri Cahyadi Gandeng Pelaku Usaha Kembangkan Pelabuhan Tanjung Perak

Nur Oska, salah seorang pekerja mengatakan, banjir rob terjadi sejak pagi tadi. Dirinya pun mengaku kesulitan untuk melakukan aktivitas di dalam pelabuhan, karena ketinggian air mencapai 50 cm.

"Apalagi cuaca juga hujan, sehingga menambah tinggi debit air," katanya, Jumat (2/12/2022).

Sementara itu, Kepala BMKG Maritim Semarang, Retno Widianingsih mengatakan, banjir rob disebabkan puncak pasang air laut yang terjadi mulai 1-4 Desember 2022.

Baca: Seluncuran Kenjeran Park Roboh, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Lakukan Penyelidikan

Dirinya juga mengimbau agar waspada, karena ketinggian air bisa mencapai 1,9 meter. Pada puncak pasang air laut, air akan mencapai daratan. Namun demikian, warga diminta tidak panik dengan peristiwa alam ini.

"Pasang air laut akan mencapai daratan dan semakin tinggi jika curah hujan tinggi. Tetapi air pasang akan mulai surut pada siang hari. Pasang air laut ini juga masih akan terjadi hingga akhir bulan ini," tukasnya.
(san)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3567 seconds (11.210#12.26)