Festival Babukung Lamandau Bakal Digelar 28-30 November 2022

Senin, 21 November 2022 - 08:57 WIB
loading...
Festival Babukung Lamandau Bakal Digelar 28-30 November 2022
Festival Babukung di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah bakal kembali digelar pada akhir November 2022.
A A A
NANGA BULIK - Festival Babukung di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah bakal kembali digelar pada akhir November 2022.

“Festival Babukung tahun 2022 akan dilaksanakantanggal 28 hingga 30 November 2022,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau Meigo Basel di Nanga Bulik, Senin (21/11/2022).

Festival Babukung terdiri dari serangkaian kegiatan termasuk Babukung Urban Market yang akan dimulai sejak22 November.

“Tepat ditanggal 28 November, selain Opening Ceremony, akan ada Karnaval Abipura Bukung, The Spirit Babukung, Pentas Musik Etnic dan Gelaran Tari Bukung,” kata Meigo.

Kemudianpada 29 Novemberrangkaian kegiatan yang digelar antara lain Lomang In Divercity, Ritual Adat Pagolaran, Workshop Koatum Babukung, gelaran tari Babukung, Buang Dara Talent Show dan Pentas Musik Etnic.

Sedangkan pada 30 November, tutur Meigo, agendanya adalah kreasi warna Babukung, Ritual Memunuh Bukung, Grant Final Bujang Dara hingga pentas musik.

Dia menambahkan, Festival Babukung tahun ini juga masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). “Tentu ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Lamandau,” tandasnya.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga para wisatawan untuk datang dan menyaksikan langsung Festival Babukung yang akan digelar di Kota Nanga Bulik.

“Pemerintah Kabupaten Lamandau pada tahun 2022 kembali menggelar Festival Babukung, di mana untuk waktunya adalahtanggal 28 hingga 30 Novembermendatang,” ucapnya.

Festival Babukung tahun ini diselenggarakan dengan cara dan pola yang berbeda dengan situasi pandemi Covid-19 sebelumnya.

“Tahun ini kita menyelenggarakan Festival Babukung secara off line langsung melibatkan massa dan masyarakat untuk sama-sama memeriahkan acara ini,” tambahnya.

Dia berharap dengan pelaksanaan Festival Babukung tahun 2022 akan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kabupaten Lamandau. “Sehingga ada daya ungkit terhadap ekonomi dan sektor-sektor lainnya,” ujarnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)