Survei LSI Denny JA di Pilkada Lamandau, Hendra Lesmana Unggul

Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:30 WIB
loading...
Survei LSI Denny JA...
Sejumlah lembaga riset melakukan survei untuk Pilkada di seluruh indonesia, termasuk di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.
A A A
LAMANDAU - Sejumlah lembaga riset melakukan survei untuk Pilkada di seluruh indonesia, termasuk di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Hasil survei terbaru untuk Pilkada Lamandau menunjukkan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Hendra Lesmana unggul jauh dari para bakal calon kompetitornya.

Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA misalnya, nama Hendra Lesmana berada di posisi paling atas dari dua simulasi yang dilakukan yakni simulasi jika Pilkada Lamandau diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) dan simulasi dua paslon atau head to head.

Jika Pilkada Lamandau diikuti tiga paslon yakni Hendra Lesmana vs Rizky Aditya Putra vs Lilis Suriani, Hendra Lesmana memeroleh persentase pemilih tertinggi yakni sebesar 33,8%. Adapun Rizky Aditya Putra memeroleh 15,5% dan Lilis Suryani di angka 2%.

“Untuk hasil simulasi dua paslon atau jika Pilkada Lamandau terjadi 'head to head' antara Hendra Lesmana versus Rizky Aditya Putra, Hendra Lesmana berada diangka 34,5 persen dan Rizky Aditya Putra15,8 persen,” ujar Direktur LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat dikonfirmasi Jumat (23/8/2024).

Adapun sisanya adalah responden yeng termasuk kategori Tidak Memilih (TM), Tidak Jawab (TJ), Belum Memilih (BM) dan responden yang merahasiakan jawabannya.

Adjie Alfaraby mengatakan, angka tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan LS Denny JA pada 4-8 Agustus 2024 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 440 responden yang tersebar di Kabupaten Lamandau, dengan asumsi Pilkada dilaksanakan hari itu.

“Untuk pilkada tingkat kabupaten dan kota seluruh indonesia kita gunakan metode sampling yang sama, jumlah responden yang sama dan dengan tingkat margin of error diangka 4,8 persen,” ucapnya.

Berdasarkan hasil survei, ada empat hal yang menjadi faktor tingginya keterpilihan Hendra Lesmana dibanding bakal calon lainnya.

Pertama, kata Adji Alfaraby, tingkat kepuasan atas kinerja saat Hendra Lesmana menjadi Bupati Lamandau pada periode 2018-2023. Dari kepuasan tersebut memicu masyarakat kembali menginginkannya menjadi kepala daerah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)