Lagi, Kabupaten Barito Kuala Raih Piala Adipura

Rabu, 01 Maret 2023 - 13:54 WIB
loading...
Lagi, Kabupaten Barito Kuala Raih Piala Adipura
Kabupaten Barito Kuala kembali meraih Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan ini merupakan kali ketiga yang diraih oleh Bagi Barito Kuala.
A A A
JAKARTA - Kabupaten Barito Kuala kembali meraih Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penghargaan ini merupakan kali ketiga yang diraih oleh Bagi Barito Kuala. Pertama pada tahun 2017, dan kedua pada 2018.

Piala Adipura diberikan kepada daerah yang dinilai berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Piala Adipura tahun 2022 ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala Mujiyat di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (28/02/2023).

Pj Bupati Barito Kuala Mujiyat pada kesempatan tersebut hadir didampingi Sekretaris Daerah Zulkipli Yadi Noor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Kuala Fahriana, serta para camat di Barito Kuala.

Mujiyat menerima langsung penghargaan ini bersama 81 kabupaten/kota se-Indonesia lainnya. Untuk Barito Kuala sendiri meraih Piala Adipura dalam Kategori Kota Kecil.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya menginginkan Adipura menjadi koridor pembangunan daerah yang berlandaskan lingkungan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. "Dalam urusan pembinaan dan pembangunan kemasyarakatan, Adipura bisa jadi koridor yang cukup baik," ujarnya.

Siti menjelaskan Program Adipura sebagai instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) di Indonesia. "Jadi, Adipura punya nilai yang sangat mendasar," ucapnya.

Seperti diketahui penilaian Adipura telah dilakukan mulai 4 dan 5 November 2022 lalu pada 37 titik di Barito Kuala, termasuk di antaranya kantor desa, kantor kecamatan hingga dua sekolah yang dinilai oleh tim penilai dari Kementerian.

Selepas menerima piagam Adipura, Pj Bupati Mujiyat menyampaikan rasa syukurnya dan terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan hingga Barito Kuala bisa meraih Piala Adipura untuk kali ketiga.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)