Ingin 5Ng Jadi Program Nasional, Emak-emak di Kabupaten Jember Dukung Ganjar Pranowo Presiden

Sabtu, 19 November 2022 - 17:29 WIB
loading...
Ingin 5Ng Jadi Program Nasional, Emak-emak di Kabupaten Jember Dukung Ganjar Pranowo Presiden
Emak-emak di Kabupaten Jember dukung Ganjar jadi Presiden. Foto: Istimewa
A A A
JEMBER - Ratusan emak-emak yang berjejaring dalam relawan Mak Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar 'Doa bersama untuk Indonesia' di Dusun Langon, Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jatim. Intensi doa ini untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jatim, Hariza Parwa menjelaskan, dalam doa bersama tersebut emak-emak mengharapkan figur pemimpin tepat agar Indonesia semakin maju.

Emak-emak di Kabupaten Jember meyakini figur itu adalah Ganjar Pranowo yang punya banyak program merakyat di Jawa Tengah (Jateng), salah satunya Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng).



"Khusus program memperhatikan anak stunting, yang 5Ng itu, itu sudah pantas dinaikkan menjadi program nasional. Maka dari itu kami, Mak Ganjar Jawa Timur, getol mendukung Ganjar Presiden 2024 nanti," kata Hariza, Sabtu (19/11/2022).

Sejak 2015, program gagasan Ganjar ini telah berhasil menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) akibat stunting di Jateng. Sejak program berlangsung, AKI telah turun sebesar 14 persen dan AKB juga turun dari 5485 pada 2016 menjadi 4481 pada 2018.

Sementara dari riset Pemprov Jateng soal stunting, angkanya berada di kisaran 37 persen sebelum Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jateng pada 2013. Namun, setelah Ganjar memimpin Jateng, angka stunting turun menjadi 31 persen pada 2018, dan menjadi 19,9 persen pada 2021.



Artinya, Ganjar telah berhasil membawa Jateng melampaui target Suistainable Development Goals (SDGs) yang menargetkan angka stunting harus di bawah 20 persen tahun 2030. Sebab itu, program 5Ng berhasil menarik perhatian United States Agency for International Development (USAID), sehingga memberikan bantuan dana melalui program Jalin (program serupa milik USAID).

"Sementara itu, karakter Pak Ganjar ini sosok yang humanis, religius, dan juga pro terhadap rakyat kecil dan perempuan, khususnya ibu-ibu. Jadi kami dari relawan Mak Ganjar benar-benar ingin Pak Ganjar Presiden 2024 karena beliau sangat memperhatikan kami," kata Hariza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)