Konservasi Terumbu Karang Pantai Tulamben Bali Digelar 4 Hari

Sabtu, 19 November 2022 - 15:51 WIB
loading...
A A A
Sementara, Suyanto Nawawi Ketua JDC mengungkapkan urgensi konservasi terumbu karang.

“Kita menitik beratkan pada usaha sebaik mungkin menjaga dan melindungi terumbu karang, karena seperti yang kita tau bahwa terumbu karang sebagai penyumbang oksigen di bumi hingga 80 persen,” ungkap Suyanto.

Kegiatan konservasi terumbu karang ini berjalan lurus dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat pasca pandemi.

"Potensi mengenai terumbu karang yang tumbuh menjadi salah satu potensi penggerak ekonomi masyarakat sebagai destinasi wisata di Tulamben", jelas Suyanto.

Selain itu, Ia mengungkapkan potensi alam bawah laut Tulamben menyisakan histori peninggalan perang dunia II yang dapat menarik minat wisatawan.

“Pantai Tulamben sangat luar biasa potensinya, salah satu spot diving terdapak bangkai kapal perang USS Liberty milik Amerika Serikat yang karam, ini menjadi salah satu destinasi wisata,” jelasnya.

Pada kegiatan konservasi ini, peserta dibekali teori dan diajak menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Tulamben.

"Sekaligus praktik dengan ikut menanam terumbu karang sebagai bentuk kepedulian generasi muda dalam mencintai biota laut," jelas Suyanto.

Peserta kegiatan konservasi terumbu karang ini berasal dari berbagai kalangan, yang rata-rata merupakan mahasiswa dengan latar belakang berbagai daerah seperti asal NTT, Papua, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan.

"Mereka berasal dari perguruan tinggi di Bali seperti dari UNUD, Universitas Warmadewa, Undiksha, dan UHN Bali ini diharapkan selain semakin cinta terhadap alam Bali juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar sesama," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)