4 Raja Nusantara yang Kesaktiannya Melegenda, Nomor Terakhir Bisa Melihat Masa Depan

Selasa, 15 November 2022 - 10:12 WIB
loading...
A A A
Raja terakhir dari Kerajaan Majapahit ini sempat melakukan moksa bersama dengan istrinya, sejak saat itu keberadaannya lantas menghilang hingga jasadnya pun tak pernah ditemukan.

Dalam sebuah kisah, Prabu Brawijaya V sempat dalam kejaran Adipati Cepu yang dendam padanya. Karena merasa sakit hati dia pun mengucapkan sumpah yang melarang keturunan Adipati Cepu maupun masyarakat Cepu naik ke Gunung Lawu.

Baca juga : Menghormati Raja Kertanegara Membuat Gajah Mada Berambisi Menyatukan Nusantara

3. Sultan Agung

Menurut jurnal bertajuk "Gerakan Dakwah Sultan Agung", Puncak Kerajaan Mataram terjadi pada masa kepemimpinan Sultan Agung, dia berhasil melakukan gerakan dakwah hingga dapat menguasai Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa wilayah di Jawa Barat.

Raja ketiga dari Kerajaan Mataram ini dikenal sebagai raja yang memiliki pasukan makhluk gaib dan memiliki seorang abdi siluman bernama Juru Taman. Kepiawaiannya dalam berperang ini bahkan ditakuti oleh tentara Belanda.

Raja Nusantara ini juga sempat dikisahkan pernah menyerang Kota Mekkah dibantu Nyi Roro Kidul dengan wabah penyakit dikarenakan melarang Sultan Agung untuk membuat makam di sana.

4. Jayabaya

Sri Jayabaya adalah raja dari Kerajaan Kediri yang memimpin pada tahun 1135 hingga 1159. Ketika dirinya memimpin, kerajaan tersebut sempat mengalami masa keemasan.

Kesaktian yang dimiliki Raja Jayabaya yang paling terkenal ialah dapat melihat masa depan, atau meramalkan kejadian di masa yang akan datang. Ramalan tersebut dituangkan sebagai sebuah tulisan yang sampai saat ini dikenal sebagai "ramalan jayabaya".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4018 seconds (0.1#10.140)