4 Raja Nusantara yang Kesaktiannya Melegenda, Nomor Terakhir Bisa Melihat Masa Depan

Selasa, 15 November 2022 - 10:12 WIB
loading...
4 Raja Nusantara yang Kesaktiannya Melegenda, Nomor Terakhir Bisa Melihat Masa Depan
Raja Nusantara yang sempat berkuasa digambarkan memiliki kesaktian yang melegenda. Salah satunya Jayabaya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Raja Nusantara yang sempat berkuasa digambarkan memiliki kesaktian yang melegenda. Bahkan beberapa kemampuan yang dimilikinya berada di luar nalar manusia.

Sejak masa kerajaan di Indonesia pada abad ke 4, terdapat beberapa kerajaan yang sempat berkuasa cukup lama, hingga berabad-abad.

Baca juga : 3 Raja Nusantara yang Memiliki Umur Panjang, dari Kerajaan Majapahit hingga Demak

Lamanya mereka berkuasa ini diduga karena terdapat seorang raja nusantara yang cukup sakti untuk menopang kerajaan tersebut menjadi besar dan terkenal.

Berikut empat Raja Nusantara yang memiliki kesaktian melegenda :

1. Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja selalu diyakini sebagai sosok titisan dewa. Kisah yang paling terkenal adalah ketika dia mampu mengalahkan Macan Putih yang dipercaya sebagai panglima kawanan harimau.

Karena kemenangannya atas Maung Bodas sang raja gaib macan putih, para macan itu akhirnya bertekuk lutut padanya dan menjadi khodam pelindung untuk Prabu Siliwangi.

Tidak sampai situ sang raja dari Jawa Barat ini juga diduga memiliki pasukan ghaib yang dapat membantunya ketika berperang. Raja yang memimpin Kerajaan Pajajaran ini membuat kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya.

2. Prabu Brawijaya V

Raja terakhir dari Kerajaan Majapahit ini sempat melakukan moksa bersama dengan istrinya, sejak saat itu keberadaannya lantas menghilang hingga jasadnya pun tak pernah ditemukan.

Dalam sebuah kisah, Prabu Brawijaya V sempat dalam kejaran Adipati Cepu yang dendam padanya. Karena merasa sakit hati dia pun mengucapkan sumpah yang melarang keturunan Adipati Cepu maupun masyarakat Cepu naik ke Gunung Lawu.

Baca juga : Menghormati Raja Kertanegara Membuat Gajah Mada Berambisi Menyatukan Nusantara

3. Sultan Agung

Menurut jurnal bertajuk "Gerakan Dakwah Sultan Agung", Puncak Kerajaan Mataram terjadi pada masa kepemimpinan Sultan Agung, dia berhasil melakukan gerakan dakwah hingga dapat menguasai Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa wilayah di Jawa Barat.

Raja ketiga dari Kerajaan Mataram ini dikenal sebagai raja yang memiliki pasukan makhluk gaib dan memiliki seorang abdi siluman bernama Juru Taman. Kepiawaiannya dalam berperang ini bahkan ditakuti oleh tentara Belanda.

Raja Nusantara ini juga sempat dikisahkan pernah menyerang Kota Mekkah dibantu Nyi Roro Kidul dengan wabah penyakit dikarenakan melarang Sultan Agung untuk membuat makam di sana.

4. Jayabaya

Sri Jayabaya adalah raja dari Kerajaan Kediri yang memimpin pada tahun 1135 hingga 1159. Ketika dirinya memimpin, kerajaan tersebut sempat mengalami masa keemasan.

Kesaktian yang dimiliki Raja Jayabaya yang paling terkenal ialah dapat melihat masa depan, atau meramalkan kejadian di masa yang akan datang. Ramalan tersebut dituangkan sebagai sebuah tulisan yang sampai saat ini dikenal sebagai "ramalan jayabaya".

Telah banyak karya tulis yang membahas Ramalan Jayabaya dan dikaitkan dengan hal hal yang sudah terjadi di masa kini, beberapa ramalan Jayabaya yang terbukti benar adalah keberadaan kereta api, pesawat terbang, proses pendangkalan sungai, serta pajak bumi dan bangunan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)