3 Ajian Sakti Gajah Mada, Mahapatih Majapahit Pencetus Sumpah Palapa

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 10:26 WIB
loading...
3 Ajian Sakti Gajah...
Gajah Mada merupakan Mahapatih Kerajaan Majapahit pencetus Sumpah Palapa. Foto/IST
A A A
Sejumlah ajian sakti milik Gajah Mada menarik diketahui. Salah satunya disebutkan mampu mengeluarkan kabut tebal yang menutupi pandangan musuh Majapahit.

Gajah Mada memang tidak pernah menjadi raja di Kerajaan Majapahit. Namun, perannya sebagai mahapatih berkontribusi besar bagi kejayaan kerajaan tersebut.



Terlepas dari banyaknya misteri yang masih meliputi sosoknya, ada beragam ajian yang dipercaya dimiliki Gajah Mada. Berikut ini beberapa di antaranya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/10/2024).

Ajian Sakti Gajah Mada

1. Ajian Kabut Sakti


Gajah Mada dikenal sebagai sosok tangguh. Pada kemampuannya, ia juga dipercaya memiliki beragam kesaktian luar biasa.

Salah satu ajian legendaris Gajah Mada bernama "Kabut Sakti". Sesuai namanya, kemampuan ini memungkinannya mengeluarkan kabut tebal untuk melindungi kerajaan dari serangan musuh.



Pada Kakawin Nagarakretagama yang ditulis Mpu Prapanca, diceritakan bahwa Trowulan sering diselimuti kabut. Bukan kabut biasa, keberadaannya dipercaya sebagai hasil ajian sakti yang dikuasai Gajah Mada.

Menariknya, kabut tebal itu muncul saat Kerajaan Majapahit dalam bahaya atau ancaman musuh. Saat fajar tiba, kabut akan semakin pekat dan menutupi pandangan musuh secara keseluruhan.

Pada akhirnya, para penyerang tidak bisa melihat apa pun dalam pandangannya yang tertutup kabut. Setelah mereka kelimpungan, barulah pasukan Bhayangkara yang dipimpin Gajah Mada akan menyergapnya.

2. Ajian Gelap Ngampar


Kemudian, Gajah Mada juga sering disebutkan menguasai ajian Gelap Ngampar. Kemampuan ini tergolong sebagai salah satu ilmu tingkat tinggi dan tak semua orang bisa menguasainya.

Beberapa orang menganggap Gelap Ngampar ini termasuk salah satu ilmu kanuragan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Jawa zaman dahulu. Tak hanya untuk menjaga diri, tetapi bisa meningkatkan derajat seseorang yang memilikinya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)