Bupati Lamandau Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemilu 2024

Selasa, 15 November 2022 - 09:26 WIB
loading...
Bupati Lamandau Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemilu 2024
Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang.
A A A
NANGA BULIK - Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Keterlibatan masyarakat dalam pengawalan suara tidak sekadar datang dan memilih saja,” terang Hendra di Nanga Bulik, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, masyarakat juga harus ikut serta melakukan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi, serta melaporkan kecurangan tersebut kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses pemilu dan menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu.

“Bagi masyarakat, dengan terlibat dalam pengawasan pemilu secara langsung, mereka dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi dan secara tidak langsung belajar tentang penyelenggaraan pemilu serta semua proses yang berlangsung,” ujarnya.

Kemudian bagi penyelenggara pemilu, adanya pengawasan masyarakat yang massif secara psikologis akan mengawal serta mengingatkan mereka untuk senantiasa berhati-hati, jujur dan adil dalam menyelenggarakan pemilu.

Dia mengatakan baik penyelenggara, pengawas, pemantau, peserta pemilu, dan sejumlah pihak yang terkait dalam pemilu dapat belajar berperan sesuai latar belakangnya masing-masing. “Di sisi lain, harus diakui berdasarkan evaluasi, Bawaslu belum secara maksimal menyediakan informasi tersebut bagi masyarakat,” katanya.

Ia menerangkan, hasil kerja pengawasan, penegakan hukum pemilu dan penanganan sengketa yang dijalankan Bawaslu juga belum terdokumentasi maupun terinventarisasi secara baik.

Bukan hanya media atau wadah penyampaian informasinya saja yang terbatas. Akses bagi masyarakat untuk mendapat informasi dan pengetahuan tersebut juga sangat terbatas.

“Maka dari itu, sebelum sampai kepada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, tantangan besar yang juga dihadapi Bawaslu adalah membangun kesadaran politik masyarakat,” tuturnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3471 seconds (0.1#10.140)