Salut! Cara Kapolresta Jayapura Redam Gejolak Ribuan Pendukung Lukas Enembe saat Demo Dipuji Warga

Selasa, 20 September 2022 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Bahkan Kapolresta Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon bersama sejumlah anggota turun lapangan untuk memeriksa kendaraan-kendaraan yang tengah membawa penumpang.

Polisi juga sempat menegur sejumlah sopir yang membawa massa pada kendaraan bak terbuka. Polisi juga meminta massa yang terlihat tidak tertib saat berada di atas kendaraan untuk menjaga keselamatan berlalulintas.

Bahkan polisi memberikan peringatan tegas namun humanis di mana jika massa tidak mengindahkan peringatan polisi untuk tertib dalam berlalu lintas maka mereka tidak diijinkan untuk melewati barikade kepolisian menuju lokasi demonstrasi.

"Kalian saya tidak ijinkan jalan sampai kalian mengurangi jumlah orang di kendaraan yang over muatan,” tegas kapolres.

Sejumlah aparat kemudian meminta para penumpang yang merupakan massa demonstran yang terlihat melebihi kapasitas di atas mobil bak terbuka untuk turun dan pindah ke mobil lain yang masih bisa ditumpangi.



Tak hanya itu, aparat Kepolisian juga melakukan pemeriksaan senjata tajam terhadap seluruh massa demonstran yang akan mengikuti aksi demonstrasi.

Sejumlah kendaraan yang membawa penumpang langsung di arahkan untuk berhenti dan polisi melakukan pemeriksaan senjata tajam. Massa dilarang untuk membawa senjata tajam berupa alat perang tradisional hingga parang dan senjata tajam lainnya ke lokasi Demonstrasi.

Aksi demonstrasi yang digelar Selasa pagi (20/9/2022) sempat membuat aktivitas warga masyarakat terhenti. Kios dan pertokoan di wilayah Kota Jayapura ditutup. Aktivitas belajar mengajar di sejumlah sekolah di wilayah itu pun turut diliburkan. Mereka khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ya kami tutup toko dulu mas, kami takut demonstrasi ini berimbas pada kerusuhan seperti tahun 2019 lalu. Kami tidak mau itu terulang kembali, kami masih trauma. Tapi ternyata aksi hari ini semua berjalan lancar dan aman, terima kasih kepada bapak Kapolresta Jayapura dan aparat TNI-Polri yang sudah berjuang keras menjaga keamanan dan kedamaian di Kota Jayapura. Kalian luar biasa dan kami berikan apresiasi yang tinggi kepada kalian (Polri dan TNI)," ungkap Ridwan salah seorang pedagang di Kota Jayapura, Selasa (20/9/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)