Tradisi Unik Menghindari Marabahaya, Ratusan Warga Minahasa Selatan Gelar Mandi Safar

Selasa, 20 September 2022 - 16:33 WIB
loading...
Tradisi Unik Menghindari Marabahaya, Ratusan Warga Minahasa Selatan Gelar Mandi Safar
Ratusan warga Desa Sapa, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, menggelar ritual mandi safar di pantai. Foto/iNews TV/Jefry Langi
A A A
MINAHASA SELATAN - Ratusan warga yang tinggal di pesisir Desa Sapa, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, menggelar tradisi unik. Yakni beramai-ramai mandi bersama di pantai, atau mereka kenal dengan tradisi mandi safar.



Tradisi unik ini, selalu digelar warga di bulan safar. Baik orang tua sampai anak-anak, secara beramai-ramai mendatangi pantai untuk mandi bersama. Tradisi unik mandi safar itu, sudah mereka jalani secara turun-temurun sejak nenek moyang.



Warga selalu mendatangi pantai untuk menggelar tradisi unik mandi safar, pada setiap bulan safar atau bulan kedua tahun hijriah. Mereka berada di pantai, lalu disiram secara bergantian oleh para tokoh agama.



Salah seorang warga yang turut dalam tradisi unik mandi safar di pesisir Desa Sapa, Rafly Paputungan mengatakan, tradisi unik mandi safar ini dipercaya warga, akan menghindarkan warga dari mara bahaya,

"Kami selalu melaksanakan tradisi unik mandi safar ini di bulan safar, karena dipercaya sebagai tolak bala atau untuk menghindarkan warga dari berbagai bentuk marabahaya," ungkap Rafly.

Tradisi Unik Menghindari Marabahaya, Ratusan Warga Minahasa Selatan Gelar Mandi Safar


Usai mandi safar secara bersama-sama di pantai, tradisi unik ini dilanjutkan warga dengan menggelar makan bersama secara sederhana sebagai ungkapan syukur atas berkah yang mereka terima.



Rafly mengatakan, tradisi unik mandi safar ini digelar karena dipercaya warga pada bulan safar banyak penyelamatan yang dilakukan Tuhan kepada para nabi. Salah satunya, penyelamatan Nabi Nuh dari bencana air bah.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)