Ritual Mandi Darah, Tradisi Unik Masyarakat Muratara untuk Bayar Janji

Sabtu, 17 September 2022 - 05:00 WIB
loading...
Ritual Mandi Darah, Tradisi Unik Masyarakat Muratara untuk Bayar Janji
Ritual mandi darah kerbau dijalani Fitri Ramadona Siti, gadis asal Kabupaten Muratara sebagai rasa syukur karena baru saja lulus kuliah. Foto/dok
A A A
Mandi darah adalah ritual unik yang dilakukan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan. Ritual ini terdengar menyeramkan, tetapi ada makna cukup dalam bagi masyarakat di sana yang menjalaninya.

Ritual tak biasa ini bagi masyarakat Muratara dilakukan untuk membayar atau memenuhi nazar atau janji kepada Tuhan Sang Pencipta, sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta euforia dalam suatu momen keberhasilan. Masyarakat memaknainya sebagai ekspresi rasa syukur mereka atas keberhasilan yang telah diraihnya.

Baca juga: Gadis di Muratara Ini Rela Mandi Darah Kerbau demi Tradisi Keluarga

Darah yang dipakai untuk ritual ini dari hewan piaraan, misalnya sapi, kerbau dan kambing. Tergantung kemampuan orang yang akan menjalani ritual ini. Kebanyakan memakai darah kerbau. Darah yang diambil dari hewan tersebut akan dilumuri dari atas kepala hingga mata kaki.

Proses ini biasa disebut oleh masyarakat setempat dengan ritual merabun kemean. Ritual merabun kemean ini dilakukan sebelum matahari terbit sehabis salat Subuh hingga selesai disaksikan seluruh keluarga.

Bagaimana dengan jalannya ritual ini? Mengutip etnis.id, proses ritual mandi darah ini tidak rumit. Kambing atau sapi yang sudah disembelih, darahnya ditampung dalam sebuah wadah. Misalnya ember atau wadah lain.

Selanjutnya tetua atau sesepuh keluarga akan memandikan orang yang bernazar itu. Lalu bergiliran dengan anggota keluarga lain. Ritual mandi darah ini akan diiringi doa yang dilantunkan oleh para sesepuh.

Ritual ini hanya dilakukan seumur hidup sekali dengan makna. Si anak agar tidak lupa dengan masa kelahiran dan mengingat kematian. Tetua juga akan membaca doa-doa sebelum darah diguyurkan. Umumnya, mandi darah cuma dilakukan untuk lelaki saja.

Orang yang dimandikan darah diminta untuk bertahan sekitar 10 menit sembari didoakan kesehatan, keselamatan dan dilapangkan rezeki oleh seluruh sesepuh maupun warga yang hadir. Lalu dilanjutkan mensucikan diri dengan mandi di aliran sungai Rawas atau sekitar lokasi warga.

Saat mandi darah dijalankan, lelaki tersebut telanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek agar darah hewan ternak membasahi seluruh bagian badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)