Optimisme Konsumen di Sumsel Masih Melemah

loading...
Optimisme Konsumen di Sumsel Masih Melemah
Optimisme Konsumen di Sumsel Kurang Menggembirakan
PALEMBANG - Bank lndonesia melakukan survei konsumen secara bulanan untuk mengetahui tingkat keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi perekonomian pada enam bulan mendatang.

Dari hasil survei yang dilakukan, terlihat dari lndeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang merupakan rata-rata sederhana dari lndeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan lndeks Ekspektasi Konsumen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Hari Widodo mengatakan, indeks ekonomi saat ini mencakup keyakinan konsumen mengenai penghasilan saat ini, ketepatan waktu untuk melakukan pembelian barang tahan lama dan ketersediaan lapangan kerja dengan membandingkan kondisi saat ini dan enam bulan yang lalu.

Hari melanjutkan, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) mencakup keyakinan konsumen mengenai ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian enam bulan yang akan datang dibandingkan dengan saat ini meliputi ekspektasi penghasilan, kondisi dunia usaha dan ketersediaan lapangan kerja.



Survei ini dilakukan kepada 300 orang responden dengan golongan ekonomi menengah ke atas dan dengan pengeluaran rutin lebih dari Rp1 juta.

"Survei konsumen Bank lndonesia pada triwulan ll-2020 mengindikasikan pelemahan optimisme masyarakat Sumatera Selatan terhadap kondisi ekonomi," ujar Hari Widodo, Kamis (02/07/2020).

Menurutnya, hal ini terindikasi oleh penurunan IKK yang cukup dalam dari 136,56 di triwulan sebelumnya menjadi 88,39 pada triwulan ll-2020, sehingga masuk kepada zona pesimis karena dibawah 100.



"Penurunan IKK disebabkan oleh penurunan kedua indeks pembentuknya, terutama indeks kondisi ekonomi saat ini (lKE) yang turun tajam dari 125,67 menjadi 54,33," jelas Hari.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top