Dorong Budidaya Masyarakat, Bupati Morowali Utara Sabet Penghargaan IVL 2022

Senin, 05 September 2022 - 23:43 WIB
loading...
A A A
Jika selama tiga musim tanam petani berhasil melakukan panen yang mumpuni, maka diharapkan petani dapat berkembang secara mandiri. Dana untuk program ini didapatkan melalui dana KUR.

Tidak hanya dua program itu saja, Delis juga melakukan pemberian modal kepada UMKM dengan tujuan pemberdayaan. Total pemberian modal tersebut ialah Rp300 juta untuk desa dan kelurahan, dengan rincian Rp100 juta untuk usaha pemuda, Rp100 juta untuk usaha perempuan, Rp100 juta untuk usaha petani atau nelayan.

Pada akhir 2021, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Morowali Utara berhasil mencapai Rp102 miliar. Begitu pun dengan nilai investasi yang didapat hingga 248 persen, sehingga tembus Rp11 triliun, investasi ini banyak didapat dari industri pertambangan.

Komitmen untuk mendorong kesejahteraan masyarakat ini juga diaplikasikan dengan mendukung penyerapan tenaga kerja lokal dan memberikan pelatihan.

Adapun tujuan dari program kesejahteraan masyarakat, di antaranya mengentaskan kemiskinan, memperkecil kesenjangan, dan mengeliminasi prevalensi anak stunting.

Tidak hanya itu, angka kemiskinan juga berhasil diturunkan. Pada 2021, BPS merilis angka kemiskinan di Morowali Utara turun sebesar 13,90 persen atau membaik 0,2 persen (yoy).

Dengan keberhasilan program untuk kesejahteraan masyarakat inilah yang menghantarkan Bupati Morowali Utara mendapatkan penghargaan pada kategori Best in Managing Potential di ajang Indonesia Visionary Leader 2022.

Kali ini, ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh MNC Portal Indonesia mengusung tema ‘Sinergi Pemerintah Daerah untuk Percepatan Ekonomi’.


Dorong Budidaya Masyarakat, Bupati Morowali Utara Sabet Penghargaan IVL 2022


Foto bersama kepala daerah penerima penghargaan dengan jajaran Menteri dan Ketua DPD RI yang hadir pada malam puncak Indonesia Visionary Leader 2022. (Foto: dok MNC Portal Indonesia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)