Titik Nol Kilometer Jogjakarta: Dikelilingi Bangunan Heritage, Kini Tempat Favorit Nongkrong

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:09 WIB
loading...
Titik Nol Kilometer Jogjakarta: Dikelilingi Bangunan Heritage, Kini Tempat Favorit Nongkrong
Titik Nol Kilometer, di titik ini terdapat bangunan heritage yang masih lestari sampai saat ini.(MPI/erfan Erlin)
A A A
JOGJAKARTA - Titik Nol Kilometer Yogyakarta kini menjadi salah satu tempat favorit untuk nongkrong di Kota Yogyakarta, terutama ketika malam hari. Lokasinya yang berada di ujung selatan Yogyakarta ini memang cukup strategis.

Nol Kilometer adalah persimpangan jalan, dari sisi utara adalah jalan Malioboro. Kemudian dari timur adalah jalan Panembahan Senopati, dari selatan adalah jalan Pangarukan serta dari arah barat adalah Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Di seputaran titik Nol Kilometer ini juga banyak terdapat bangunan yang termasuk heritage. Di sisi tenggara ada Kantor Pos Besar yang bergandengan dengan bangunan Kantor Bank Indonesia Perwakilan DIY.

Kemudian di sisi barat daya ada bangunan Kantor Perwakilan Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Yogyakarta. Di sisi barat laut ada Istana Negara atau Gedung Agung sementara di sisi timur laut terdapat bangunan Benteng Vredeburg di mana di depannya ada Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Baca juga: Hindari Motor Menyeberang, Pemotor Tewas Terlindas Pajero

Cucu Sri Sultan HB VIII, Gusti Kukuh Hestrianing atau lebih dikenal Gusti Aning menuturkan 4 ruas jalan dari nol kilometer tersebut sebenarnya sudah ada sejak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Benteng Vredeburg dibangun sekira tahun 1755 hingga 1756 yang lalu.

"Hanya saja jalan Pangarukan dulu sebenarnya masuk wilayah Keraton Yogyakarta," terang dia.

Dahulu, sebenarnya Gedung Kantor Pos Besar serta Bank Indonesia dan Bank BNI bagian dari benteng yang dibangun mengelilingi Keraton.

Pagar benteng keraton Jogja ada dua lapis dan di Kantor Pos besar ke kantor BNI terdapat sebuah pintu besi. Kemudian pagar kedua berada di belakang Museum Sonobudyo dan sampingnya ke alun-alun.

"Sebenarnya pagar yang mengitari Alun-alun yang benar tidak seperti sekarang termasuk Alun-alun dibuat Pasiran. Tetapi ya sudah ndak apa-apa,"terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)