Bikin Kredit Fiktif, Mantan Kacab Bank di Bali Divonis 4 Tahun

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 21:31 WIB
loading...
Bikin Kredit Fiktif, Mantan Kacab Bank di Bali Divonis 4 Tahun
Mantan kepala cabang (kacab) BPD Bali Cabang Badung Made Kasna (58) divonis hukuman penjara empat tahun oleh hakim Pengadilan Tipikor Denpasar, Jumat (5/8/2022). (Ist)
A A A
DENPASAR - Mantan kepala cabang (kacab) BPD Bali Cabang Badung Made Kasna (58) divonis hukuman penjara empat tahun oleh hakim Pengadilan Tipikor Denpasar, Jumat (5/8/2022). Dia terbukti bersalah membuat kredit fiktif.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara," kata ketua majelis hakim Gede Putra Astawa.

Dalam amar putusan, hakim menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal 3 junto pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selain penjara empat tahun, terdakwa yang menjabat Kacab pada tahun 2016 silam itu juga dijatuhi pidana denda sebesar Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan.

Dalam sidang, terdakwa dinyatakan tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana tuntutan jaksa berupa pasal 2 ayat 1 UU pemberantasan Tipikor. Hal itu terkait kerugian negara yang berasal dari nilai kredit fiktif sebesar Rp4,4 miliar.

Baca: Video Duel Pelajar Viral, 1 Tergeletak Tak Sadarkan Diri.

Menurut hakim, nilai kredit itu ada yang sudah dikembalikan debitur baik dalam bentuk uang tunai dan agunan yang senilai dengan besaran nilai kredit. "Sehingga tidak tepat jika terdakwa dibebankan membayar uang pengganti," ujarnya.

Menanggapi vonis hakim, jaksa Agus Sastrawan dkk menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding. Jaksa sebelumya menuntut terdakwa 7,5 tahun penjara, denda Rp300 juta dan uang pengganti Rp1 miliar.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1971 seconds (11.252#12.26)