Heboh! Perabotan Kuno Peninggalan Bangsawan Majapahit Ditemukan di Jombang

Selasa, 19 Juli 2022 - 18:02 WIB
loading...
A A A
Tartib menjelaskan, benda kuno ini ditemukan saat sedang bekerja menggali makam baru untuk warga yang meninggal dunia. “Saat menggali tanah pada kedalaman 1 meter, mata cangkul saya mengenai benda keras, setelah diperiksa ternyata benda-benda kuno seperti ini,” tuturnya.

Jika ada yang berminat membeli, Tartib bermaksud akan menjual benda temuannya ini yang dananya akan dipergunakan untuk perluasan area makam umum di desanya.



Hal senada juga diungkapkan Kepala Dusun Padar, Suliadi. Menurutnya, berdasarkan cerita yang turun temurun area Desa Kesamben, Kecamatan Jombang hingga Dusun Kedaton Kecamatan Diwek dulunya diduga merupakan pemukiman penting pada masa majapahit.

“Sehingga tak heran di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 1 meter, selama ini sering ditemukan bekas bangunan-bangunan kuno termasuk di antaranya adalah perabotan rumah tangga seperti ini,” tuturnya.

Suliadi berharap pemerintah segera menurunkan petugas untuk meneliti benda yang ditemukan warganya ini agar nilai sejarahnya dapat diungkap secara pasti.

iNewsTV/Mukhtar Bagus
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2918 seconds (0.1#10.140)