Heboh! Perabotan Kuno Peninggalan Bangsawan Majapahit Ditemukan di Jombang

Selasa, 19 Juli 2022 - 18:02 WIB
loading...
Heboh! Perabotan Kuno Peninggalan Bangsawan Majapahit Ditemukan di Jombang
Tartib (60) menunjukkan lampu minyak atau perabotan kuno yang diduga peninggalan bangsawan Majapahit yang ditemukan saat menggali tanah di Jombang.Foto: iNewsTV/Mukhtar Bagus
A A A
JOMBANG - Seorang warga di Kabupaten Jombang , Jawa Timur menemukan sejumlah benda kuno yang diduga peninggalan bangsawan dari era Majapahit .

Benda-benda yang terbuat dari bahan perunggu dan keramik tersebut ditemukan Tartib (60) warga Dusun Padar, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Benda kuno yang ditemukan ini beragam seperti lampu minyak kuno dengan gantungan rantai yang sudah putus, cawan atau wadah minuman yang terbuat dari bahan keramik dan periuk yang juga terbuat dari bahan keramik.

Baca juga: Kasus Pernikahan Manusia dengan Kambing, Anggota DPRD Gresik Dijebloskan ke Tahanan

Dari dua lampu minyak kuno yang ditemukan satu di antaranya masih utuh dan satu lampu lainnya kondisinya sudah hancur.



Dilihat dari jenis keramiknya yang diduga berasal dari masa dinasti song, warga menduga benda-benda kuno adalah peninggalan dari era Majapahit. Sebab dinasti song berlangsung mulai tahun 960 hingga tahun 1279 Masehi.

Berbagai benda yang dibuat pada masa dinasti song tersebut kemudian tiba di tanah jawa pada masa Majapahit antara tahun 1293 hingga tahun 1500-an Masehi.

Baca juga: Pelepasan Jenazah Pilot Tempur T50i Golden Eagle Dilakukan secara Militer

Diduga, tanah tempat benda ini ditemukan dulunya merupakan rumah dari seorang bangsawan dengan hiasan lampu dan perabotan yang tergolong mewah di masa lalu. Benda-benda tersebut kini masih disimpan oleh Tartib di rumahya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1453 seconds (11.210#12.26)