Pembakaran Bendera Partai, DPC PDIP Surabaya Tempuh Jalur Hukum

Jum'at, 26 Juni 2020 - 15:40 WIB
loading...
Pembakaran Bendera Partai, DPC PDIP Surabaya Tempuh Jalur Hukum
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono menyerahkan surat pengaduan dan pernyataan sikap DPC PDIP Kota Surabaya kepada Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo. Foto/SINDONews/Lukman hakim
A A A
SURABAYA - Ratusan kader DPC PDIP Kota Surabaya pada Jumat (26/6/2020) siang mendatangi Mapolrestabes Surabaya. Mereka mengadukan aksi pembakaran bendera PDIP yang dilakukan sekelompok massa dalam unjuk rasa di gedung DPR Jakarta pada Rabu (24/6/2020) lalu.

Mereka mendesak aparat kepolisian segera mengambil tindakan hukum atas siapapun yang terlibat dalam pembakaran simbol partai tersebut. Sejumlah pimpinan DPC PDIP Kota Surabaya, diantaranya, Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi, Sutarwijono, diterima oleh Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo.

“Kami ingin pelaku pembakaran bendera beserta dalang-dalangnya, ditangkap dan diadili menurut koridor hukum. Kami diperintahkan pimpinan kami untuk menempuh jalur hukum,” katanya usai bertemu dengan Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo.

(Baca juga: DPC PDIP Surabaya Desak Aparat Tangkap dan Adili Pembakar Bendera PDIP )

Ketua DPRD Kota Surabaya ini menambahkan, peristiwa pembakaran bendera PDIP tersebut menimbulkan kemarahan dan keprihatinan seluruh kader PDIP. Tidak hanya di Surabaya, tapi di seluruh Indonesia. Dirinya berusaha sekuat tenaga agar kader dan anggota PDIP Kota Surabaya tidak melakukan aksi serupa. Apalagi dengan turun ke jalan.

“Kami ingin agar situasi dan keamanan Kota Surabaya tetap kondusif. Apalagi saat ini masih pandemi COVID-19. Kami berkomitmen tangani pandemi ini dengan bergotong royong,” terangnya. (Baca juga: 29 ASN Pemprov Jatim Terpapar Covid-19, Terbanyak Dinas Pendidikan )

Sementara itu, Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, kedatangan DPC Kota Surabaya ke Mapolrestabes Surabaya ini adalah untuk menyampaikan surat yang intinya pernyataan sikap dari DPC Kota Surabaya atas aksi pembakaran bendera PDIP. Nanti surat pernyataan itu akan diteruskan ke Kapolri.

“Ini (kedatangan DPC PDIP Kota Surabaya) adalah silaturahmi sekaligus menyampaikan surat. Ini bukan pelaporan. Hanya pernyataan sikap,” ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)