Rangkul Pemuda, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Kompak Dukung Y20 Summit

Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:34 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut Anies berharap, Y20 Summit nantinya dapat menghasilkan kesepakatan berdasarkan hasil aspirasi pemuda untuk kemudian disampaikan kepada para pemimpin dunia di G20 Summit. Dia menekankan, kesepakatan tersebut menjadi produk yang harus dihasilkan Y20 Summit.

"Kita berharap teman-teman Y20 menghasilkan komunike yang diteruskan kepada Presiden di KTT G20. Ujung pertemuan ini adalah pandangan anak-anak muda tentang masalahnya yang harus diakomodasi oleh pemimpin G20. Melihat Jakarta penting, Bandung penting, tapi lebih penting ada produk kesepakatan yang akan menentukan arah masa depan pemuda," tandas Anies.

Senada dengan Anies, Ridwan Kamil pun kompak menyatakan mendukung penuh event Y20 Summit yang akan digelar Jabar, tepatnya di Kota Bandung. Dia pun mengaku, bangga karena Y20 Summit dapat menjadi platform para pemuda masa depan.

Terkait dukungannya, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu membeberkan, Pemprov Jabar pun menggelontorkan anggaran miliaran rupiah demi terselenggaranya Y20 Summit. Bahkan, Kang Emil memastikan bahwa sejak awal hingga akhir penyelenggaraan Y20 Summit di Jabar bakal meriah.

"Kita menyediakan anggaran miliar-miliar. Gedung Konferensi Asia Afrika kita siapkan, kita tahu gedung ini menjadi simbol untuk menyuarakan ketidakadilan, kolonialisme, dan (tempat lahirnya) Dasasila Bandung. Spirit gedung ini diharapkan menjadi penyemangat (Y20 Summit)," tegasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Kang Emil, dukungan lain yang diberikan pihaknya, yakni adanya kegiatan lanjutan berupa Youth Inovation Festival yang akan digelar setelah Y20 Summit selesai di Bogor, 27 Agustus 2022 mendatang.

"Jadi tidak hanya bicara-bicara (summit) saja, tapi ada kegiatan kreatif di Bogor 27 Agustus. Jadi, rangkaian Y20 dari awal hingga akhir meriah," katanya.

Meski begitu, Kang Emil berpesan agar Y20 Summit tidak hanya sekadar menghasilkan kesepakatan para pemuda yang akan disampaikan kepada para pemimpin G20. Lebih dari itu, kata Kang Emil, empat isu utama yang diusung harus terus dikampanyekan secara masif, agar seluruh pemuda memahami empat isu yang menurutnya sangat krusial bagi para pemda di seluruh dunia itu.

"Jadi, delegasi pulang dari Indonesia mas adegan dunia dipikirkan mendalam substansif dan suara anak muda didengar oleh para pengambil keputusan, pemprov mendukung anggaran, tempat, publikasi, memastikan suksesnya Y20 membawa nama baik pemuda Indonesia.

"Masukan saya, empat isu ini keren banget, relevan banget. Jangan selesai di komunikenya di Bali, dibacakan atau dibahas. Yang lebih penting mempopulerkan empat isu ini di kalangan anak muda. Saran saya bikin kegiatan kreatif melalui sosmed, video sinematic yang keren atau bikin hal-hal yang sifatnya interaksi yang lebih mendalam, agar pemuda paham karena empat isu ini menjadi masa depan pemuda," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4148 seconds (0.1#10.140)