Ke Tana Toraja untuk Melayat, Warga Asal Makassar Positif COVID-19

Rabu, 24 Juni 2020 - 18:14 WIB
loading...
Ke Tana Toraja untuk Melayat, Warga Asal Makassar Positif COVID-19
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, Mariana Belo. Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja kembali mengumumkan kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja. Kasus itu diumumkan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, Mariana Belo, Rabu (24/6/2020)

"Satu kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 adalah perempuan berumur 28 tahun, beralamat Tello Baru Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar," ujar Mariana Belo.



Dia mengatakan, berdasarkan riwayat tracing, pasien tiba di perbatasan Tana Toraja untuk mengunjungi orang tua yang meninggal dunia di Lembang Gandangbatu, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Selasa (23/6/2020) pagi.

Pasien tersebut diminta untuk melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan COVID-19 dengan metode TCM dan hasilnya positif. Pasien pun langsung dirujuk kembali ke Makassar malam harinya untuk mengikuti program rekreasi duta COVID-19 Satgas Provinsi Sulawesi Selatan.

Satgas COVID-19 Tana Toraja, lanjut Mariana, sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan tim surveilans.



"Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat," kata Mariana.

Koordinator Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan terus mengimbau masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan perseorangan. Yakni, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat di luar rumah dan tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, tidak berkerumun. Serta selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7216 seconds (0.1#10.140)