Pagelaran Seni dan Budaya di Magelang, BNPT: Efektif Tangkal Paham Radikal Terorisme

Jum'at, 03 Juni 2022 - 21:43 WIB
loading...
A A A
“Harapan kita pada generasi muda pada khususnya, apakah itu generasi milenial, generasi Z, ataupun para penggiat budaya, penggiat seni, untuk mencintai seni dan budaya bangsanya. Walapun di era transparansi dan di era globalisasi ini banyak masuk budaya atau pengaruh asing,” ungkapnya.

Oleh karena itu Nurwakhid meminta kepada masyarakat utamanya kaum moderat untuk menyikapi dengan bijak, dan bukan menolak. Akan tetapi justru menyambut dan kalau bisa mengkolaborasikan antara budaya nusantara dan budaya asing.

Karena budaya adalah infrastruktur, budaya adalah sarana untuk saling mengenal diantara anak bangsa, dan diantara umat manusia yang berbeda-beda.

“Karena perbedaan itu sunattullah, dan harus sikapi dengan untuk saling mengenal. Sehingga kita saling menghormati, saling menyayangi,saling melengkapi dan saling memanusiakan sesame manusia,” ungkap mantan Kadensus 88 Polda DIY ini.

Hal senada turut diungkapkan budayawan Ngatawi Al-Zastrow yang mengungkapkan bahwa hati yang keras hanya bisa dilunakkan dengan pendekatan-pendekatan yang lunak. Di mana salah satunya dengan pendekatan budaya dan seni, sehingga akhirnya akan terjalin silaturahmi.

“Pendekatan kebudayaan seperti ini adalah cara yang paling efektif untuk melakukan proses deradikalisasi, karena deradikalisasi terkait dengan kekerasan hati. Dan hati itu bisa dilunakkan kalau dengan pendekatan kebudayaan, dengan pendekatan silaturahmi, dengan pendekatan seni, kegiatan merajut hati," katanya.



"Jadi hal seperti ini harus terus dilakukan, baik secara informal maupun formal. Karena orang jadi radikal karena jarang tersentuh, jadi kita sentuh hatinya salah satunya dengan acara seperti ini,” ungkapnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2544 seconds (0.1#10.140)