1.629 Pasien Covid-19 di Surabaya Sembuh, Ini Resepnya

Senin, 22 Juni 2020 - 21:25 WIB
loading...
1.629 Pasien Covid-19 di Surabaya Sembuh, Ini Resepnya
Para pasien COVID-19 di Kota Pahlawan diberikan terapi bahagia untuk mempercepat penyembuhan selama dirawat inap maupun isolasi mandiri.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Surabaya terus bekerja maksimal untuk menyembuhkan pasien. Tercatat, sampai malam ini jumlah kumulatif pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Pahlawan mencapai 1.629 orang.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini berjumlah 34 orang. Mereka terdiri dari rawat inap rumah sakit dan rawat jalan dengan cara isolasi mandiri.

"Rinciannya yakni pasien rawat jalan 23 orang, sedangkan 11 orang lainnya adalah pasien rawat inap rumah sakit,” kata Feny, panggilan akrabnya ketika ditemui di Balai Kota Surabaya, Senin (22/6/2020).(Baca juga: Kedapatan Tak Pakai Masker, Langsung Dihukum Joget di Jalan )

Ia melanjutkan, dari 11 pasien rawat inap rumah sakit itu terdiri dari Rumah Sakit Menur, RS Siloam, RS PHC, RS Husada Utama dan RS Unair. “Kalau pasien yang dirawat inap rumah sakit itu mereka dengan gejala. Misalnya sesak nafas,” ucapnya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya ini menambahkan, selain menerapkan pola hidup yang sehat dan disiplin dengan protokol, kunci kesembuhan lainnya adalah pasien ‘harus bahagia’. Sebab, jika pasien merasa bahagia maka imun tubuh meningkat dan bersamaan itu pula kondisinya akan segera pulih.

“Kalau bahagia sembuhnya cepat. itu tidak hanya berlaku pada Covid-19 ya,” ungkapnya.(Baca juga: Derita Suami di Gresik, Miliki Istri Hiperseks )

Feny mencontohkan, seperti yang dialami orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi di Hotel Asrama Haji adalah pasien terkonfirmasi Covid-19. Namun, imun pada tubuhnya bagus, sehingga dari situlah pasien bisa lekas sembuh. “Kesembuhan yang cepat itu karena memang mereka OTG, imun mereka cepat,” ungkapnya.

Salah satunya adalah kesembuhan pasien di Hotel Asrama Haji pada Minggu (21/6/2020) kemarin, berjumlah 14 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan, kesembuhan pasien rawat inap rumah sakit dan rawat jalan isolasi mandiri. “Dari jumlah 36 kesembuhan (kemarin) paling banyak mereka dari Hotel Asrama Haji,” katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6082 seconds (0.1#10.140)