2 Pejantan Taman Nasional Tesso Nilo Dipindah ke Kawasan Kelompok Gajah Betina di Jambi

Selasa, 24 Mei 2022 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Translokasi dapat dilakukan dari individu gajah Sumatera yang berbeda populasi serta translokasi dapat menjadi upaya terjadinya aliran gen, kesehatan reproduksi, menjaga mutu genetik, dan mengatasi mutase.

Translokasi dilakukan ke lokasi kantong di luar Provinsi Riau dimana hasil penelitian pada kantong gajah tersebut sex ratio jenis kelamin didominasi oleh betina serta keanekaragaman genetik rendah, sehingga diharapkan dengan kedatangan dua ekor gajah jantan dari Provinsi Riau ini bisa mendorong perbaikan keanekaragaman genetik.



Sebagai bahan informasi dua gajah Sumatera dispersal ini pada tahun 2021 pernah dilakukan translokasi mengembalikan ke kelompoknya di kantong Gajah Tesso Tenggara. Tetapi dua Gajah ini kembali ke luar dari kantongnya sampai ke Kecamatan Kuala Cenaku di Kabupaten Indragiri Hulu.

Kondisi lokasi dimana dua gajah Sumatera yang dispersal ini berada sebagian besar merupakan areal rawa, sehingga dalam melakukan upaya mitigasi mengalami kesulitan.

Dalam proses translokasi ini BBKSDA Riau mendatangkan tiga gajah jinak yaitu Yopi, Indah dan Sengarun. Perjalanan menuju lokasi tujuan translokasi memerlukan waktu yang relatif lama sehingga dalam mengantisipasi munculnya gangguan BBKSDA Riau menurunkan 4 dokter hewan.

Sebelum dilepasliarkan satu dari dua gajah dispersal ini akan dipasang GPS Collar untuk memantau pergerakan Gajah sehingga memudahkan dalam mitigasi. Data GPS Collar yang dihasilkan akan menjadi bahan informasi sekaligus bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan lebih lanjut.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)