2 Pejantan Taman Nasional Tesso Nilo Dipindah ke Kawasan Kelompok Gajah Betina di Jambi

Selasa, 24 Mei 2022 - 21:55 WIB
loading...
2 Pejantan Taman Nasional Tesso Nilo Dipindah ke Kawasan Kelompok Gajah Betina di Jambi
2 pejantan Taman Nasional Tesso Nilo dipindah ke kawasan kelompok Gajah Betina di Jambi. Foto: MPI/Banda Harudin Tanjung
A A A
PEKANBARU - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau memindahkan dua ekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin jantan ke Provinsi Jambi .

Translokasi dilakukan karena di satu kantong gajah di Provinsi Jambi ke kurangan pejantan. Dua gajah yang ditranslokasi merupakan dispersal (pemindahan dari daerah asal ke daerah baru) berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.



Kedua gajah jantan dewasa ini merupakan kelompok gajah Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) Riau.

Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, dua gajah dispersal dibawa dari Desa Teluk Sungkai, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu.



Kedua satwa dilindungi itu sudah berada di lokasi ini sejak bulan Februari 2022. Semua pihak aktif melakukan mitigasi dan pemantauan serta upaya pengamanan dua ekor gajah liar tersebut

"Kita bersama sama melakukan upaya translokasi dua gajah jantan yang dispersal tersebut. Kita sudah melakukan koordinasi terkait translokasi ini ke Kementerian LHK," imbuh Fifin Arfiana Jogasara, Selasa (24/5/2022).



Sebelum pelaksanaan translokasi gajah Sumatera dispersal ini, BBKSDA Riau telah melakukan upaya uji test DNA di Universitas Sriwijaya. Hasilnya, bahwa keragaman haplotipe dan nukleotida cukup rendah, tervalidasi 3 (tiga) haplotipe umum gajah Sumatera di Pulau Sumatera (BS, BR, dan BT), Haplotipe dominan BR dan BT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)