Sungai Batang Merangin Meluap, 8 Desa Terendam Banjir 1,5 Meter

Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:38 WIB
loading...
Sungai Batang Merangin Meluap, 8 Desa Terendam Banjir 1,5 Meter
Delapan Desa di Kabupaten Merangin terendam banjir 1,5 meter akibat Sungai Batang Merangi meluap. Foto/Ilustrasi
A A A
MERANGIN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Merangin, Jambi membuat aliran Sungai Batang Merangin meluap pada Sabtu (23/3/2024) pukul 05.30 WIB. Akibatnya, ribuah rumah warga terendam banjir.

Kondisi parah berada di Kecamatan Pangkalan Jambu dan Kecamatan Sungai Manau, banjir merendam rumah warga yang berada di bantaran sungai hingga 1,5 meter. Selain merendam permukiman, banjir merendam akses jalan nasional menuju Krinci.

Informasi yang dihimpun, meluapnya Sungai Batang Merangin yang melintasi dua kecamatan tersebut karena terjadi pendangkalan akibat praktik Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang dilakukan warga di kecamatan tersebut.



Adapun delapan desa yang terdampak itu yakni, Desa Baru, Desa Tiga Alur, Desa Bungo Tanjung, Desa Sei Jering, Desa Kampung Limo, Desa Tanjung, Desa Bukit Perentak, dan Desa Sungai Pinang.



Kapolres Merangin AKBP Ruri Roberto mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan anggotanya untuk membantu warga korban banjir. ”Ada 8 desa yang terdampak banjir dengan kedalaman rata-rata sekitar 150 centimeter,” kata Ruri.

Lebih lanjut dia mengatakan jika untuk jalan lintas menuju Kabupaten Kerinci siang hari sudah bisa dilalui namun belum normal.”Akses jalan nasional sudah bisa dilalui secara perlahan, karena banjir sudah berangsur surut menyisakan 50 centimeter,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)