Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Morowali Utara Luncurkan 2 Program Pro Rakyat

Rabu, 27 April 2022 - 13:07 WIB
loading...
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Morowali Utara Luncurkan 2 Program Pro Rakyat
Menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Morowali Utara menunjukkan harapan atas prospek pemulihan ekonomi serta menjadi sebuah legitimasi atas keseriusan kerja Pemkab Morowali Utara.
A A A
KOLONODALE - Menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Morowali Utara menunjukan harapan atas prospek pemulihan ekonomi serta menjadi sebuah legitimasi atas keseriusan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara. Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Morowali Utara, persentase penduduk miskin pada 2021 sebesar 13.90 persen atau membaik sebesar 0.2 persen (y-on-y).

Upaya pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat perlahan membuahkan hasil. Agenda untuk terus mengakselerasi terwujudnya kesejahteraan masyarakat kini semakin dipacu oleh Pemkab Morowali Utara yang disusun dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Program tersebut secara resmi diluncurkan oleh Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi pada Selasa (27/4/2022). Tujuan untuk mengentaskan kemiskinan, memperkecil kesenjangan antara masyarakat mampu dan kurang mampu serta mengeliminasi prevalensi anak tumbuh kerdil (stunting) di Kabupaten Morowali Utara.

Program pemberdayaan masyarakat yang pertama dinamakan dengan Morut Gempar atau Gerakan Menanam Pekarangan. Program ini dikonstruksikan dengan menyasar keluarga miskin yang terdaftar di dalam DTKS dan memiliki anggota keluarga stunting. Keluarga penerima manfaar tersebut mendapatkan bantuan bibit tanaman durian musang king dan kolam terpal serta benih unggul ikan air tawar yang nantinya menjadi salah satu sumber protein bagi keluarga penerima manfaat tersebut.
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Morowali Utara Luncurkan 2 Program Pro Rakyat

“Harapannya hasil kolam ini bisa dikonsumsi untuk meningkatkan derajat kesehatan dan selebihnya dijual untuk keperluan rumah tangga,” tutur Delis.

Pendanaan untuk program ini, kata Delis, berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Program pemberdayaan ekonomi selanjutnya adalah Morut Pajeko atau singkatan dari Pengembangan Agrobisnis Berbagai Jenis Komoditas. Pengembangan progam ini dilakukan dengan pendekatan sains yang kuat dengan melibatkan para peneliti dari IPB. Hasil dari kajian tersebut digunakan untuk pengembangan salah satu komoditas unggulan seperti jagung dengan skema pembiayaan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh perbankan.

Delis menjelaskan bahwa sekarang petani tidak lagi khawatir untuk menanam jagung sampai dengan pemanenan jagung. Keberadaan off taker telah menjadi jawaban atas kekhawatiran itu, karena ketika sebelum menanam pihak off taker memberikan pendampingan teknik budidaya yang baik serta agro input yang berkualitas.

Kemudian setelah panen raya, harga pembelian jagung petani adalah harga yang telah disepakati bersama antara petani dan off taker ketika sebelum memulai penanaman. Apabila dalam tiga musim tanam petani bisa mengoptimalisasikan hasil panen lewat pembiayaan KUR ini maka pada musim tanam berikutnya diharapkan petani dapat mandiri.

Dalam mewujudkan semua program tersebut tentu saja perlu disokong oleh seluruh stakeholders di tingkat desa baik tokoh masyarakat, penerima manfaat program, pemerintah desa, penyuluh lapangan, serta pendamping program.

“Mudah-mudahan program ini dapat berhasil dan semesta mendukung agar masyarat yang sejahtera benar-benar terwujud di Kabupaten Morowali Utara,” tutup Delis. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)