Program Bank Sampah Diharap Bisa Tekan Darurat Sampah di Makassar

Kamis, 24 Maret 2022 - 23:42 WIB
loading...
A A A
"Tahun ini kami sudah targetkan setiap bulan ada penambahan bank sampah yang aktif. Ada 14 kecamatan yang setiap bulan harus ada penambahan 5 bank sampah," pungkasnya.

Ketua Bank Sampah Nasional , Saharuddin Ridwan menuturkan potensi sampah di Kota Makassar, rata-rata 1.200-1.300 ton per hari. Namun tidak semua masuk ke TPA.



"Sisanya ada yang ke Bank Sampah, pemulung, ada juga ke pengolahan yang lain. Atau bisa jadi mungkin tidak terangkut juga di hari itu," ungkap Sahar.

Berdasarkan survei masterplan pengolahan sampah pada tahun 2016, sebutnya, sebanyak 55 persen sampah yang diproduksi merupakan sampah organik. Sisanya adalah sampah anorganik, seperti plastik, kertas, dan lainnya.

Sementara, yang diambil oleh bank sampah hanyalah sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis. "Jadi bank sampah itu hanyalah salah satu alternatif untuk mengurangi sampah anorganik," katanya.

Saat ini jumlah bank sampah yang tercatat oleh pihaknya hanya berjumlah 635. Namun yang aktif hanya sekitar 250-an.

"Kalau melihat SK, mungkin ada 1.000 bank sampah, tapi yang namanya bank sampah itu bukan SK yang dinilai. Bank sampah itu adalah lembaga yang melakukan penimbangan sampah, punya nasabah, dan ada nilai ekonomi yang didapatkan dari situ," jelas Sahar.

Oleh karena itu, Sahar juga menyarankan agar pemerintah kota juga kembali mengaktifkan TPS3R, yang tersebar di beberapa kecamatan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3754 seconds (0.1#10.140)