Usai Bersihkan DAS Citarum, Pandawara Group dan Juragan 99 Akan Lanjutkan Kolaborasi di Malang

Sabtu, 14 September 2024 - 23:55 WIB
loading...
Usai Bersihkan DAS Citarum,...
Pandawara Group dan Juragan 99 berkomitmen untuk terus melanjutkan kolaborasi mereka dengan rencana untuk mengadakan aksi bersih-bersih lagi di Malang. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Dunia media sosial sering diwarnai dengan berbagai tantangan yang viral, tapi tidak semua challenge berakhir dengan aksi nyata yang menginspirasi. Kali ini, Pandawara Group dan MS GLOW for Men membuktikan bahwa tantangan tidak harus menjadi sekadar hiburan, tetapi bisa juga menjadi gerakan yang berdampak positif bagi lingkungan.

Berawal dari candaan Gilang Widya Pramana atau lebih dikenal sebagai Juragan 99, yang memposting video cuci mobil super kotor di akun media sosialnya, tantangan ini bereskalasi menjadi lebih dari sekadar bercandaan. Gilang, yang juga pemilik MS GLOW for Men dengan santai “mencolek” Pandawara Group, kelompok pemuda asal Bandung yang dikenal atas aksi bersih-bersih sungai.

Baca juga: Potret Pantai Teluk Labuan Pandeglang Penuh Sampah, Kembali Kotor usai Dibersihkan Pandawara Group

Dia menantang mereka untuk membersihkan mobil sekotor mobilnya dan menyatakan siap kalau ditantang balik membersihkan sungai. Pandawara Group, yang selalu siap untuk tantangan lingkungan, langsung merespons dengan semangat.

Tidak butuh waktu lama, kolaborasi tak terduga antara MS GLOW for Men dan Pandawara Group terjadi. Alih-alih hanya menjadi sekadar viral challenge, mereka justru mengangkat tantangan ini menjadi misi bersama untuk membersihkan salah satu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Bandung, yang selama ini dikenal sebagai salah satu sungai paling tercemar di dunia.

Aksi bersih-bersih sungai ini bukan sekadar gimmick media sosial. Pada tanggal 5 September 2024, Pandawara Group bersama Gilang dan staf MS GLOW for Men terjun langsung selama 6 jam untuk membersihkan DAS Citarum, dibantu oleh warga setempat. Sampah-sampah yang telah mengendap bertahun-tahun mulai diangkat dan air yang dulu gelap mulai terlihat lebih bersih.

“Kami ingin tantangan ini menjadi lebih dari sekadar viral di media sosial. Kami ingin membuat perubahan nyata,” ujar Gilang dikutip, Sabtu (14/9/2024).

Aksi ini bukan hanya sebuah kegiatan satu kali. MS GLOW for Men dan Pandawara Group sudah berkomitmen untuk terus melanjutkan kolaborasi mereka dengan rencana untuk mengadakan aksi bersih-bersih lagi di Malang dalam waktu dekat.

Mereka berharap gerakan ini bisa menginspirasi masyarakat luas bahwa sebuah tantangan yang awalnya terlihat ringan bisa diubah menjadi aksi sosial yang bermanfaat.

"Bersih-bersih sungai bukan sekadar trend sesaat. Ini adalah tantangan kita bersama untuk menjaga lingkungan," ujar Ikhsan Destian, salah satu anggota Pandawara Group.

Dengan makin maraknya challenge di internet yang seringkali hanya sekadar mengejar likes dan views, kolaborasi antara Pandawara Group dan MS GLOW for Men membawa napas segar bagi netizen. Mereka membuktikan bahwa challenge bisa menjadi cara untuk menggerakkan aksi nyata, membawa dampak positif bagi lingkungan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi.



Ini bukan hanya tentang bersih-bersih sungai, tapi tentang mengubah pandangan publik bahwa challenge bisa lebih dari sekadar hiburan. Sebuah challenge bisa menjadi kesempatan untuk membuat perubahan nyata.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)