Pemanasan Global Meningkat, Masyarakat Diajak Menanam Banyak Pohon

Rabu, 23 Maret 2022 - 00:00 WIB
loading...
Pemanasan Global Meningkat, Masyarakat Diajak Menanam Banyak Pohon
Salah satu faktor pemicu pemanasan global adalah semakin berkurangnya kawasan hutan akibat alihfungsi lahan baik untuk kawasan industri maupun perumahan. Foto ist
A A A
BOGOR - Salah satu faktor pemicu pemanasan global adalah semakin berkurangnya kawasan hutan akibat alihfungsi lahan baik untuk kawasan industri maupun perumahan. Untuk menghambat laju peningkatan pemanasan global, maka pelestarian lingkungan dengan cara menanam pohon menjadi keharusan. Namun, untuk itu diperlukan kesadaran kolektif sehingga semua pihak ikut merawat dan menyelamatkan lingkungan dengan menanam banyak pohon.

Untuk membangun kesadaran kolektif tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Kebun Kumara menggelar talkshow bertajuk 'Lihat Dari Rumah (LDR): Plant Trees for a Better Tomorrow', secara virrual pada Jumat (18/3/2022).

Co-Founder Kebun Kumara Siti Soraya Cassandra mengatakan, untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup, diperlukan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Upaya melestarikan lingkungan, jelas Soraya, dapat dimulai dari hal kecil.



"Dapat dimulai dari lingkungan kecil seperti rumah dan sekitarnya. Selain itu, generasi muda juga menjadi salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan dan menjaga keselarasan lingkungan hidup,” ungkap Soraya.

Inge Setiawati, EVP CSR BCA mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengimplementasikan visi pembangunan keberlanjutan yang tertuang dalam mandat Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui berbagai program dan aksi nyata, lanjut Inge Setiawati, pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini pun selaras dengan #BCAForSustainability, yang menekankan pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan dalam masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Berbagai upaya dan aksi nyata terus kami lakukan untuk mengajak masyarakat memperoleh pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup,” beber Inge.

Menurut Inge, kondisi lingkungan hidup saat ini semakin tidak sehat. Karena itu, edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya lingkungan sehat perlu dilakukan. "Diperlukan upaya untuk dapat mengembalikan kelestarian dengan menanam pohon karena memberikan banyak manfaat untuk masa depan," ujarnya.

Dalam talkshow ini juga Inge mengakui bahwa upaya pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di daerah perkotaan memiliki tantangan seperti lahan semakin sempit, kurangnya daerah resapan air yang merata, dan tantangan lainnya.
Namun, menurutnya, kekurangan lahan bukan menjadi penghambat untuk dapat mensukseskan upaya pelestarian lingkungan hidup, terutama di daerah perkotaan. "Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanam pohon di daerah perkotaan yang kekurangan akan lahan subur seperti dengan hidroponik dan metode lainnya," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4049 seconds (0.1#10.140)