Dieng Bersiap Dibuka, Wisatawan Wajib Pakai Pemandu Wisata

Selasa, 16 Juni 2020 - 19:55 WIB
loading...
Dieng Bersiap Dibuka, Wisatawan Wajib Pakai Pemandu Wisata
Obyek wisata Dieng akan kembali dibuka. Pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan bagi wisatawan. Foto/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi obyek wisata Candi Arjuno di Dieng, Banjarnegara, Selasa (16/6/2020).

Ganjar ingin memastikan, persiapan salah satu obyek wisata terkenal di Jawa Tengah itu saat nanti dibuka kembali untuk wisatawan. (Baca juga: 3 Bulan Diterpa Pandemi COVID-19, Begini Kondisi Hotel dan Pariwisata di Jabar Saat Ini )

Dengan teliti, dia memastikan pernak-pernik persiapan yang ada. Mulai garis-garis pembatas, tempat cuci tangan, proses antrean masuk hingga kesiapan petugas untuk melayani wisatawan.

"Ini sudah bagus, sudah disediakan garis pembatas jarak, ada tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan hingga petugas yang mengenakan masker dan face shield. Tinggal proses pembelian tiket yang masih kes, saya minta disediakan tempat khusus untuk menaruh uang agar tidak dipegang tangan," kata Ganjar.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta pengelola membuat aturan baru apabila lokasi wisata itu dibuka kembali. Aturan barunya adalah semua wisatawan wajib dipandu oleh satu guide atau pemandu wisata. Setiap satu kelompok, wajib ada satu pemandu yang menemani.

"Saya usul saja, karena covid-19, semua wisatawan nantinya wajib dipandu. Jadi dibagi perkelompok, misalnya satu kelompok 10-20 orang dengan satu pemandu. Pemandu ini selain menerangkan wisata, juga bisa mengontrol ketertiban wisatawan," kata dia.

Dengan begitu, maka pengawasan ketertiban wisatawan akan semakin optimal. Kalau tidak ada pemandu, wisatawan akan jalan sendiri-sendiri, berkerumun dan tidak patuh protokol kesehatan.

"Dengan pemandu itu, maka bisa optimal. Selain itu, penjelasan akan sejarah, nilai-nilai dan informasi lain tentang obyek wisata ini akan semakin efektif," kata dia.

Meski begitu, Ganjar meminta pengelola untuk tidak tergesa-gesa membuka obyek wisata Dieng. Sebab, kondisi saat ini masih belum aman untuk dibukanya tempat wisata.

"Jangan tergesa-gesa dulu, kalau mau simulasi silahkan, sehingga nanti dibuka sudah siap. Ajak travel agen, wartawan dan beberapa komunitas untuk uji coba itu," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)