Dampak El Nino, Intensitas Embun Es di Kawasan Dieng Meningkat

Rabu, 29 November 2023 - 09:38 WIB
loading...
Dampak El Nino, Intensitas Embun Es di Kawasan Dieng Meningkat
Dampak fenomena alam Elnino membuat intensitas kemunculan embun es atau froz di kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah semakin meningkat. Foto/iNews TV/Elis Novit
A A A
BANJARNEGARA - Dampak fenomena alam El Nino membuat intensitas kemunculan embun es atau froz di kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah semakin meningkat.

Dampak El Nino, Intensitas Embun Es di Kawasan Dieng Meningkat


Hasil dari pengamatan dan penelitian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), embun es Dieng memikiki karakteristik unik karena kemunculannya dekat dengan pemukiman dan kemudahan akses untuk bisa melihatnya.



Embun es Dieng ini menjadi fenomena yang langka dan cukup menyedot perhatian wisatawan. Kemunculan embun es yang terjadi pada puncak musim kemarau membuat warga penasaran untuk bisa melihat dari dekat.

Kemunculan embun es Dieng ini terjadi di area kompleks obyek wisata Candi Arjuna dan sejumlah titik di perbukitan Dieng.



Pakar klimatologi BMKG, Donaldi menjelaskan, dalam seminar serta kajian pengamatan dan penelitian dari BMKG, diketahui kemunculan embun es Dieng memiliki karakteristik unik area lokasi yang dekat dengan akses dan pemukiman. Sehingga menjadikan fenomena alam ini bisa menjadi wisata tambahan.



"Saat ini juga tengah memasang aplikasi agar wisatawan yang datang ke Dieng bisa memantau secara digital potensi atau kemungkinan munculnya embun es," ujarnya dikutip Rabu (28/11/2023).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)