Kericuhan Akibat Pembokaran Jalan Umum di Toraja Berakhir Damai, Pelaku Janji Perbaiki Kerusakan

Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:35 WIB
loading...
Kericuhan Akibat Pembokaran Jalan Umum di Toraja Berakhir Damai, Pelaku Janji Perbaiki Kerusakan
Oknum yang menamakan diri keluarga Tongkonan To Penammuan, warga Kampung Tanete Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, membongkar jalan beton yang telah dibangun pemerintah. Foto SINDOnews
A A A
TORAJA UTARA - Oknum yang menamakan diri keluarga Tongkonan To' Penammuan, warga Kampung Tanete, Dusun Batara Goa, Kelurahan Nanggala Sangpiak Salu, Kecamatan Nanggala, Kabupaten Toraja Utara , Provinsi Sulawesi Selatan, membongkar jalan beton yang telah dibangun pemerintah. Ruas jalan yang dibongkar sepanjang 150 meter itu menyulut kericuhan warga setempat.



Sebab, jalan benton yang dibongkar merupakan fasilitas umum sekaligus menjadi akses utama menuju ke Tongkonan Banua Sura' dan Tongkonan Sembang. Beruntung saat mediasi, hadir personel kepolisian dari Polsek Tondon dan tokoh adat setempat sehingga kericuhan berhasil diredam.

Enos, Lurah Naggala Sangpiak Salu yang hadir dalam proses mediasi mengatakan, kedua belah pihak sepakat berdamai usai pihak yang melakukan pembongkaran jalan dan pengrusakan pipa air minum berjanji akan memperbaiki fasilitas umum tersebut.

“Kedua belah pihak sepakat berdamai setelah oknum yang merusak jalan rapat beton berjanji akan kembali memperbaiki fasilitas umum yang terkena dampak perluasan areal tanah tongkonan," unkap Enos, Sabtu (19/3/2022).

Sementara Prof Marthen Arie yang juga menjadi perwakilan masyarakat mengatakan, kesepakatan dalam pertemuan tersebut sudah menemui titik terang. Pihak yang melakukan pengrusakan jalan beton berjanji akan kembali memperbaiki fasilitas umum yang rusak.

“Kami sudah sepakat berdamai di mana pihak yang melakukan pengrusakan jalan berjanji akan kembali memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat dampak dari perluasan areal tongkonan To’Penammuan," ujar Prof Marten.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7442 seconds (0.1#10.140)