Bupati Luwu Tanam Perdana Varietas Benih Padi Unggul di Walmas

Rabu, 02 Februari 2022 - 09:23 WIB
loading...
Bupati Luwu Tanam Perdana Varietas Benih Padi Unggul di Walmas
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menandai musim tanam padi awal tahun 2022 di Walmas dengan menanam varietas benih padi unggul Inpari 32, Senin (31/1/2022). Foto/Chaeruddin
A A A
BELOPA - Bupati Luwu , H Basmin Mattayang menandai musim tanam padi awal tahun 2022 di Walmas dengan menanam varietas benih padi unggul Inpari 32, Senin (31/1/2022).

Varietas unggul itu merupakan hasil penangkaran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang dikerjasamakan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu .

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Albaruddin A Picunang menjelaskan, pengembangan pertanian terus menjadi perhatian Pemkab Luwu di bawah kepemimpinan Bupati H Basmin Mattayang.

"Sektor pertanian merupakan salah satu unggulan Kabupaten Luwu bahkan Sulsel. Pak Bupati, memberikan perhatian lebih kepada petani, pengembangan produksi dan peningkatan kesejahteraan petani," ujarnya, kepada SINDOnews, Selasa (1/2/2022).

"Salah satu upaya pemerintah melakukan kerja sama dengan ahli di bidang pertanian. Kabupaten Luwu bekerja sama dengan ahli dari Unhas dengan melibatkan sejumlah profesor di bidang pertanian untuk menciptakan bibit unggul yang kemarin dimulai penanamannya oleh Bupati Luwu di Walmas," lanjut Kadis Pertanian.



Hasil penangkaran Unhas menghadirkan Inpari 32 dengan sejumlah keunggulan. Diantaranya, tahan hama dan penyakit, serta produksinya tinggi hingga 9 ton.

"Inpari 32 tidak mengenal musim, bisa tumbuh di musim hujan bahkan di musim kemarau, sehingga pertanian dengan bibit unggul ini bisa dilakukan masa tanam di segala musim. Harapan kita, melalui kerja sama Unhas bisa meningkatkan produksi yang tentunya kesejahteraan petani kita tercapai," kata Albaruddin A Picunang.

Seperti layaknya seorang petani, Bupati Luwu turun ke sawah tidak mengenakan alas kaki dan menanam padi secara manual bersama Ketua Ketua DPRD Luwu , Rusli Sunali.

Turut hadir pula Kepala Dinas Perikanan Albaruddin Andi Picunang, Danramil 1403-07/ Walenrang Kapten Inf Agus Purwono, Kapolsek Walenrang Iptu Siliwadi, enam camat di wilayah Walmas serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)