Di Tengah Pandemi, Berburu Rumah di Ruang Sepi

Kamis, 11 Juni 2020 - 10:14 WIB
loading...
A A A
Sejak wabah COVID-19 datang, mimpi Subiran untuk memiliki hunian sempat redup ketika penghasilannya harus dipotong 20 persen tiap bulan. Bahkan, tunjangan hari raya pun ia tak memperolehnya karena kondisi keuangan perusahaannya sempat terguncang.

Berburu Tempat Berteduh di SIKasep

Pagi hari, di saat burung Perkutut miliknya sedang berjemur di halaman rumah kos, Subiran masih asyik menunggu kicaunya. Di bawah langit yang kian hangat setelah matahari merambat masuk ke pintu rumahnya.

Sebuah pohon mangga yang yang berdiri kokoh di depan rumah kostnya menjadi sandaran. Sambil menunggu Perkutut berjemur, Subiran juga ikut menghangatkan tubuhnya. Menambah pasokan vitamin yang masuk ke tubuh untuk menjaga imunitasnya di tengah pandemi.

"Kung…kung….kung….kung…." suara Perkutut mengalun lembut. Memecah keheningan pagi yang merdu lewat panggilannya. Subiran mengeluarkan ponsel, kembali membuka kiriman broadcast dari teman kerjanya yang menyarankan untuk membeli rumah melalui Aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Jarinya menari lincah, matanya menatap tajam ponsel pintar yang terus menyita perhatiannya. Senyum kecil itu pun akhirnya mengembang, beragam pilihan rumah yang diidamkan muncul dalam tampilan layar ponselnya.

Ia memasukan lokasi rumah idamannya di kawasan Sedati, Sidarjo. Daerah itu dipilih karena dekat dengan Surabaya dan mudah dijangkau dengan transportasi massal. Perumahan di sekitar rumah idamannya akhirnya bermunculan dengan daftar perumahan yang tersedia.

Subiran langsung melompat, berlari kencang menuju dapur rumah kos yang tak begitu jauh. Langkahnya langsung terhenti ketika melihat Halimah masih sibuk di depan wajan, menyelesaikan kroket yang masih saparoh matang. "Ini apik (bagus,red). Lingkungannya bersih, harganya juga bisa dijangkau," kata Subiran.

Halimah membalasnya sengan senyum dan rasa penasaran. Segera saya ia menyelesaikan gorengan kroket yang mulai tampak kecoklatan. Mandi dalam kubangan minyak goreng yang panas sebelum dikirim ke pusat jajanan di ujung gang.

Mereka sepertinya menemukan kecocokan, Subiran pun mulai menekan kalkulator KPR di SIKasep untuk menghitung KPR Sejahtera FLPP. Ia menghitung kembali uang yang sudah ditabungnya untuk dijadikan uang muka. Sisa KPR pun lebih ringan karena ia bisa memberikan uang muka lebih banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)