Jateng Siapkan TMP untuk Petugas Medis Meninggal Karena Covid-19

Minggu, 12 April 2020 - 22:42 WIB
loading...
Jateng Siapkan TMP untuk Petugas Medis Meninggal Karena Covid-19
Jateng menyiapkan TMP yang ada di seluruh Jawa Tengah bagi perawat, dokter, dan tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19.FOTO /Ilustrasi : IST
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di seluruh Jawa Tengah bagi perawat, dokter, dan tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19. Langkah itu sebagai bentuk penghargaan sekaligus mencegah kasus penolakan jenazah Covid-19.

"Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya, kedua soal administrasinya, agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai," kata Ganjar, Sabtu (11/4/2020).

Pihaknya juga sudah komunikasi dengan seluruh bupati/wali kota se-Jawa Tengah. Mayoritas, para pemangku kepentingan di daerah setuju dengan kebijakan itu. "Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Selain Taman Makam Pahlawan, Ganjar juga menyiapkan skenario kedua untuk memberikan penghormatan bagi tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19. Apabila Taman Makam Pahlawan tidak cukup, dirinya siap membuatkan tempat pemakaman baru yang diberi nama Taman Makam Pahlawan.

"Kalau ada area eksisting di Taman Makam Pahlawan, maka bisa dipakai. Tapi kalau sudah penuh, kita bisa membuat tempat khusus baru yang dikasih nama Taman Makam Pahlawan khusus untuk mereka," tutupnya.

Sekadar diketahui, kasus penolakan pemakaman jenazah Covid-19 kembali terjadi. Warga menolak pemakaman jenzah perawat RSUP dr Kariadi di Tempat Pemakaman Umum Siwakul, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Mendapat penolakan tersbeut, jenazah kemudian dibawa kembali ke Kota Semarang untuk dimakamkan di kompleks pemakaman Bergota. Lokasi pemakaman tak jauh dari tempat kerja almarhumah yaitu di RSUP dr Kariadi Semarang.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)