Kodam Udayana Buka Akses Air Bersih untuk Warga Bali di Pegunungan

Rabu, 01 Desember 2021 - 11:52 WIB
loading...
A A A
Desa Rendang mengalami kesulitan memperoleh air bersih sebagian besar dikarenakan terbatasnya sumber air dan lokasi desa yang berada di atas ketinggian dengan kondisi kontur tanah yang kering. Berbagai faktor tersebut membuat masyarakat harus melewati jalan berkelok dengan beban air jika ingin mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Yayasan IDEP Selaras Alam atau IDEP Foundation, termasuk di Desa Penglumbaran, ditemukan fakta bahwa muka air tanah di beberapa wilayah di Bali terutama di wilayah bagian selatan telah mengalami penurunan hingga lebih dari 50 meter dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Kekurangan air bersih juga berdampak terhadap para petani di Desa Tampaksiring dengan kebanyakan sumber mata air berada di bawah area persawahan. Hal itu mengakibatkan petani kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air untuk sawah mereka.

Salah satu yang bisa dibilang cukup beruntung dibandingkan empat desa lain adalah Desa Tembeling, yang mempunyai sumber air meski jaraknya yang cukup jauh dari pemukiman menyulitkan warga desa karena harus menuruni ratusan anak tangga untuk mengambil air.

Baca juga: Bentrok Suporter Persip Pekalongan dan Persibat Batang, 10 Orang Ditetapkan Tersangka

Usaha Membuka Akses Air Bersih

Sejumlah langkah dilakukan untuk mengatasi isu air bersih yang dialami oleh beberapa desa itu. Salah satunya dilakukan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana yang berkolaborasi dengan Shopee pada Juli 2021 untuk melakukan pembangunan pompa air di lima titik desa tersebut.

Dukungan itu adalah bagian dari program Shopee Untuk Negeri yang diusung bersama Pangdam Udayana untuk membantu masyarakat setempat mendapatkan bantuan akses air bersih. Kegiatan itu untuk membantu hampir 1.800 kepala keluarga untuk mendapatkan akses air bersih.

Hasilnya, masyarakat desa di lima titik tersebut mulai merasakan perbedaan signifikan di dalam berbagai aspek. Hal itu diakui oleh Nyoman yang menyampaikan bahwa masyarakat Desa Wanagiri menyambut baik instalasi pompa tersebut.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kodam IX Udayana yang mempermudah warga untuk mendapatkan akses air bersih. Menurut Nyoman, pompa hidran itu berhasil mencukupi kebutuhan air bersih untuk sekitar 70 kepala keluarga di desanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)