Bobby Nasution Terpilih Jadi Ketua Apeksi Komwil 1, Fokus Bangkitkan Perekonomian

Selasa, 23 November 2021 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Bobby Nasution Terpilih Jadi Ketua Apeksi Komwil 1, Fokus Bangkitkan Perekonomian


Bawa Juru Bahasa Isyarat, Bobby Dipuji
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menjadi satu-satunya walikota yang membawa penerjemah bahasa isyarat pada acaa Muskomwil 1 di Banda Aceh 21-22 Nov 2021.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian Bobby yang selama ini dikenal dekat dengan penyintas difabel di Kota Medan. Bahkan dia meminta penyintas disabilitas diberikan ruang pekerjaan pada Job Fair.

Seorang penerjemah bahasa isyarat yang dibawa Yuli Yanika, penyintas tuna rungu. Dalam agenda juga Wali Kota Banda Aceh mengundang perwakilan difabel untuk menyaksikan jalannya acara Apeksi. "Alhamdulillah ada penerjemah kita bawa, semoga bisa menambah informasi kepada teman tuli ya," kata Bobby.

Ketika Bobby Nasution berbicara ataupun tokoh lainnya memberikan sambutan, maka Yuli bertugas menerjemahkan ke bahasa isyarat. Dan itu disyukuri Nanda dan Tari, dua undangan Apeksi dari Kawan Tuli yang sengaja dihadirkan Dinsos Banda Aceh.

Kata Yuli, apa yang dilakukan Bobby dengan membawa penerjemah adalah keinginan mereka sejak lama. "Teman tuli datang ke acara dan secara khusus berterimakasih kepada Pak Wali Kota Medan yang telah jadi role model. Harapannya bisa ditiru oleh pemimpin lain," kata Yuli.

Teman tuli, begitu penyintas disabilitas tuna rungu lebih senang disebut, kata Yuli membutuhkan banyak informasi dari apa yang mereka lihat. Maka ketika ada Juru Bahasa Isyarat (JBI) hadir di acara-acara, para teman tuli senang.

"Teman tuli juga butuh informasi. Jadi mereka jelas senang sekali dengan kehadiran penerjemah yang dibawa Pak Wali," lanjut Yuli.

Di Banda Aceh, Yuli tak hanya bertugas menerjemahkan sambutan Bobby Nasution namun juga menerjemahkan percakapan teman tuli dengannya.

"Mereka bekerja di cafe yang dibangun Dinsos Aceh. Memang pekerjanya teman tuli. Nah mereka itu disupport dan berterimakasih atas kesempatan yang diberikan," pungkas Yuli. CM
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)