Bobby Nasution Tunjuk Pamannya Jadi Plh Sekda Kota Medan, Dinasti Politik?

Senin, 29 April 2024 - 10:21 WIB
loading...
Bobby Nasution Tunjuk Pamannya Jadi Plh Sekda Kota Medan, Dinasti Politik?
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. Foto/SINDOnews
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menunjuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar, sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan.

Benny yang merupakan paman Bobby dari pihak ibu, mengisi posisi yang sebelumnya dijabat Wirya Al Rahman. Wirya meninggalkan jabatan Sekda Kota Medan setelah ditunjuk Pemerintah Pusat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Perihal pengangkatan paman Bobby sebagai orang nomor 1 di sekretariat daerah Kota Medan itu, dibenarkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Arrahmaan Pane, Senin (29/4/2024).



“Iya benar, sesuai surat yang kita terima begitu. Pak Benny jadi pelaksana harian Sekda Kota Medan,” kata Arrahmaan.

Arrahmaan menjelaskan, surat penunjukkan Benny sebagai Plh Sekda Kota Medan ditandatangani Wali Kota Medan pada 24 April 2024. Sehari setelah Wirya dilantik sebagai Pj Bupati Deliserdang. “Iya, sejak 24 April 2024 kemarin,” tukas Arrahmaan.

Pengamat Kebijakan Publik MH Thamrin menyebut penunjukkan Benny sebagai Plh Sekda Kota Medan adalah sepenuhnya hak prerogatif Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Selagi orang yang ditunjuk memiliki kompetensi dan dengan proses penunjukkan yang benar, maka tak ada masalah jika Benny dan Bobby memiliki relasi keluarga.



“Saya pikir ga ada masalah secara kompetensi. Apalagi pak Benny sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga pernah menjadi Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Medan kan,” kata Thamrin.

Hanya saja, Thamrin sadar betul bahwa persoalan relasi keluarga Bobby kini memang menjadi sorotan. Itu karena Bobby yang merupakan bagian dari keluarga Presiden Joko Widodo, yang juga tengah disorot lantaran memanfaatkan relasi keluarga dalam proses politik di Pemilu 2024.

”Tapi itu penting, karena saat ini memang kita seperti dipertontonkan nepotisme yang dilakukan secara terbuka. Nanti akan terbukti, utamanya oleh para ASN di Pemkot Medan. Apakah Benny memang layak sebagai Plh Sekda, atau memang hanya buah dari nepotisme,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)